Semarang-mediajateng.net

Sebagai persiapan menghadapi masa angkutan lebaran 2017, hari ini, PT Kereta Api Indonesia, mulai melakukan pemeriksaan seluruh sarana dan prasarananya, khususnya di jalur pantura Jawa Tengah. Pemeriksaan dilakukan langsung oleh Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, hari ini, Kamis ( 16/3 ) bertempat di stasiun Tawang Semarang.

“Kami siap mengantisipasi lonjakan penumpang mudik lebaran 2017 yang diprediksi naik 2,1 persen dari tahun lalu. Artinya kami siap menyediakan sebanyak 222.014 tempat duduk bagi seluruh penumpang setiap harinya dari tahun lalu yang hanya sebesar 217.364 tempat duduk. Faktor keselamatan , keamanan, dan kelancaran, ikut menjadi bagian persiapan.” katanya

Pada periode angkutan lebaran tahun ini, PT Kereta Api Indonesia memperkirakan akan terjadi peningkatan volum penumpang KA utama sebesar 13.128 dari periode angkutan lebaran tahun lalu. Tingginya kebutuhan tersebut, pihaknya akan menyediakan 331 perjalanan KA reguler, dan sebanyak 38 perjalanan KA tambahan. Arus mudik diperkirakan akan mengalami puncaknya pada H-3 atau pada tanggal 22 Juni 2017, diikuti dengan puncak arus balik pada H+6 mendatang.

Untuk mengakomodir hal tersebut, PT KAI mulai esok Jumat (17/3 ) siap membuka loket pembelian tiket di seluruh stasiun maupun agen dan aplikasi mitra.(MJ-202)