GROBOGAN, Mediajateng.net – Adanya arus lalu lintas yang terdampak genangan rob disertai jebolnya jembatan di Tuban membuat arus kendaraan yang melewati wilayah Kabupaten Grobogan mengalami peningkatan. Terlebih menjelang arus mudik lebaran yang tinggal menunggu waktu.

Berkaitan dengan itu, Polres Grobogan mengadakan pengecekan jalur mudik di wilayah kabupaten Grobogan. Pengecekan tersebut dipimpin langsung Kapolres AKBP Choiron El Atiq, Jumat (1/6).
Didampingi oleh Kasat Lantas AKP Panji Gedhe Prabawa SIK SH dan beberapa personel dari Polres Grobogan, pengecekan dilakukan mulai dari jalur Godong, dilanjutkan menuju wilayah Gubug.

Pengecekan di sepanjang jalur yang berada di wilayah hukum Polsek Gubug dilakukan mendetail karena sebagian besar lokasi di jalur ini rawan kecelakaan.

Selain pengecekan jalur, Kapolres dan jajarannya melakukab pengecekan lokasi yang akan digunakan sebagai pos pengamanan maupun pos pelayanan arus mudik. Menurut rencana, pos pengamanan tersebut akan digunakan sebagai pos terpadu.

Kapolres Grobogan AKBP Choiron mengatakan, untuk kesiapan menghadapi arus mudik harus dilakukan pengecekan dan pemantauan jalur jalan yang akan dilewati pemudik.

Jika ada yang dirasa kurang, akan dilakukan oordinasi dengan pihak terkait. Tujuansemata agar pemudik nantinya merasa aman dan nyaman pada saat melakukan perjalanan mudik.

“Pada pelaksanaan nantinya juga akan dibuat pos pengamanan, pelayanan dan pemantauan arus mudik di beberapa lokasi kerawanan maupun keramaian,” katanya.

Selain itu, personel juga akan dilibatkan dalam pengamanan arus mudik dan arus balik. Para personel juga disiapkan untuk ditempatkan pada lokasi pos dan beberapa lokasi yang dinilai memiliki tingkat kerawanan yang tinggi sehingga mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat yang melaksanakan mudik,” kata Kapolres.

Ditambahkan AKBP Choiron El Atiq, dengan adanya pengecekan jalur jalan dan lokasi kerawanan dapat diperoleh gambaran untuk menentukan langkah selanjutnya, seperti terkait pengamanan dan antisipasi kerawanan yang mungkin terjadi. (Ag-Mj)