DEMAK, Mediajateng.net – Sebanyak 21 sekolah di Kabupaten Demak ikut memeriahkan Festival Kali Tuntang 2019 yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak.

Festival Kali Tuntang , Pameran dan Pentas Seni Tahun 2019 yang dilaksanakan pada Sabtu (30/11/2019) tersebut berlangsung mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 22.30 WIB.

Ribuan warga Demak memadati sepanjang Kali Tuntang menyaksikan sejumlah pertunjukan seni yang dipusatkan di depan pendopo Kabupaten Demak.

Didukung oleh para seniman melalui Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) tahun 2019 yang merupakan program dari Direktorat Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, sekolah sekolah tersebut unjuk kebolehan di bidang Seni Lukis, Seni Sastra, Seni Musik, Seni Film, Seni Tari dan Seni pertunjukan lainnya.

“Festival Kali Tuntang untuk pertama kalinya ini, sebagai ajang bagi siswa dan guru
untuk mengekspresikan berbagai kreatifitas hasil pembelajaran,” kata Kepala Dindikbud Demak, Eko Pringgolaksito seperti dikutip dalam pers rilisnya , Selasa (3/11/2019).

Menurutnya, kreatifitas tercipta karena niat dan kecintaan kita pada sesuatu yang dapat kita jadikan inspirasi sehingga menghasilkan karya yang dapat dinikmati semua orang.

“Kami berharap semua warga sekolah dapat berbagi kreatifitas sebagai bukti hasil belajar selama lima bulan dan juga sebagai bukti bahwa anak Indonesia penuh dengan kreatifitas,” tuturnya.

Tidak hanya masyarakat Demak, Festival Kali Tuntang juga mendapat apresiasi luar biasa yang dihadiri perwakilan dari Kemendikbud RI, Bupati Demak M Natsir, Wakil Bupati Demak Joko Sutanto, Wakapolres Demak, Kodim Demak, Pimpinan OPD dan kepala Sekolah.

“Ternyata Demak banyak anak anak yang punya bakat seni. Acara Festival Kali Tuntang ini bagus lho. Semoga tahun depan kegiatan ini diadakan lagi,” kata Siti warga Katonsari.