GROBOGAN, Mediajateng.net – Selain bertugas untuk melindungi, mengayomi dan memberi rasa aman terhadap masyarakat, personel polisi juga dituntut untuk mendampingi masyarakat dalam setiap kesempatan. Termasuk dalam beberapa kegiatan yang sesuai dengan perwujudan program Polisi yang Promoter (Prioritas, Profesional, Modern dan Terpecaya).

Di Kabupaten Grobogan, sejumlah personel Polres Grobogan melakukan kegiatan unik guna mensukseskan program tersebut yakni membentuk Tim Peduli Tempat Ibadah. Tim ini mempunyai kegiatan yang sangat beragam, seperti yang dilakukan Selasa (8/1/2019) pagi.

Dengan mengenakan seragam olahraga, para personil yang dipimpin Wakapolres Kompol Endro, menyambangi tempat ibadah umat Hindu di Purwodadi. Yakni Pura Agung Sasana Weda, yang letaknya tidak jauh dari Mapolres Grobogan.

Sejak pagi, mereka membersihkan lingkungan Pura yang terletak di Jalan Untung Suropati tersebut. Turut hadir dalam kegiatan bersih-bersih Pura tersebut yakni Kabag Ops Kompol Sigit Ari Wibowo serta Kasat Sabhara AKP Djamrozie. Suasana gayeng terlihat dalam kegiatan tersebut. Terlebih, setelah mereka mendapat sambutan baik dari beberapa umat Hindu yang tengah berada di Pura tersebut.

“Ini bentuk pengabdian kita kepada masyarakat sekaligus supaya masyarakat saat menjalankan ibadahnya merasa nyaman,” kata Kompol Endro.

Kompol Endro juga menjelaskan, kegiatan tersebut dilakukan rutin satu kali dalam seminggu. Kegiatan tersebut dilakukan bergantian di empat tempat ibadah yang ada di wilayah hukum Polres Grobogan.

“Kegiatan ini kita lakukan rutin sepekan sekali. Baik di Masjid, Gereja, Pura, maupun Kelenteng. Kami juga ingin meningkatkan hubungan silaturahmi dan membangun kepedulian terhadap masyarakat dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif,” kata dia.

Selain di Pura, tim peduli tempat ibadah ini juga kerap embersihkan rumah ibadah di tempat lainnya. Selain itu, mereka juga memberikan santunan terhadap kaum dhuafa dan anak yatim serta safari Salat Jumat. (Ag-Mj)