Grobogan-mediajateng.net-Sebanyak 26 perguruan tinggi baik dari PT negeri maupun swasta di Indonesia menjadi peserta dalam pameran pendidikan (edu fair) yang digelar di halaman SMAN 1 Purwodadi, Jalan R. Suprapto.

Dari pantauan Mediajateng.net, dalam pameran ini, terlihat antusias ratusan siswa dari berbagai SMA sederajat di Kabupaten Grobogan yang digelar Sabtu (26/1/2019).

Minat siswa terhadap pameran ini tampak dari banyaknya calon mahasiswa yang mencari informasi program serta keunggulan dari masing-masing perguruan tinggi tersebut. Selain itu, mereka juga mencari informasi tentang seleksi tes ujian masuk berdasarkan minat bakat.

Keaktifan tersebut tidak hanya ditemukan pada para siswa saja. Para peserta edu fair ini juga memaparkan mengenai program beasiswa yang dapat diberikan kepada mahasiswa berprestasi.

Kepala SMA N 1 Purwodadi, Aris Supriyadi, kepada Mediajateng.net mengatakan, diadakannya Edu Fair ini bertujuan memperkenalkan perguruan tinggi pada para siswa SMA N 1 Purwodadi. Terutama bagi siswa kelas XII.

Di mana, dalam waktu beberapa bulan lagi mereka akan menyelesaikan pendidikannya di jenjang SMA dan dapat memilih perguruan tinggi sebagai tempat untuk pendidikan selanjutnya.

”Program ini orientasi perguruan tinggi kerjasama dengan SMA negeri 1 Purwodadi. Setiap tahun ada Edu Fair dari perguruan tinggi. Panitianya adalah para lulusan SMA N 1 Purwodadi yang telah masuk kuliah semester awal,” jelas Aris Supriyadi, kepada Mediajateng.net

Dikatakan Aris Supriyadi, program Edu Fair ini merupakan kegiatan kemitraan para alumni kepada sekolah. Di mana, para alumni masih pada almaternya, peduli lingkungan, literasi dan prestasi dari sekolah sendiri. Tujuannya untuk membantu adik kelas dalam memilih kampus sesuai minat bakat mereka.

”Kami berharap adanya Edu Fair ini membantu dalam memilih kampus perguruan tinggi dan bisa diterima melalui jalur SBMPTN dan SMPTN serta perguruan tinggi lainya,” ujarnya.

Dari edu fair ini banyak manfaat yang dapat diterima para siswa. Khususnya bagi siswa SMAN 1 Purwodadi. Aris menjelaskan, tahun lalu di sekolahnya terdapat 172 siswa yang lolos PTN dan PTS.

”Tahun lalu, sebanyak 172 siswa dari SMAN 1 Purwodadi yang lolos masuk perguruan tinggi negeri dan swasta. Harapan ke depan siswa yang masuk lewat jalur prestasi SMPTN dan PT swasta lebih banyak lagi. Bahkan ada beberapa anak lolos masuk AKPOL dan AKMIL,” pungkasnya. (Ag-Mj)