Tidak Ribet, Ini Sistem Baru Tiket Kereta

31
2576

SEMARANG, Mediajateng.net – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang mulai melakukan implementasi penerapan sistem Check- In dan Boarding Pass mulai Selasa (12/7) yang sudah terpasang di Stasiun Poncol dan di Stasiun Tawang.
Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan pelayanan dan kenyamanan kepada penumpang. “Ini juga akan mengurangi resiko lolos boarding akibat salah tanggal atau tiket tidak valid,” ujar Manager Humas, Gatut Sutiyatmoko.
Dengan sistem baru ini, lanjut Gatut, penumpang yang telah membeli tiket di channel eksternal dapat melakukan check in pada mesin check in mandiri di stasiun mulai dua belas jam hingga menjelang keberangkatan KA. “Check in dilakukan dengan cara mengetikkan kode booking yang tercantum pada bukti transaksi pembelian tiket di mesin check in mandiri. Mesin ini akan mengeluarkan boarding pass yang mencantumkan nama dan ID penumpang, kode booking, dan nama KA beserta tujuan dan jadwal keberangkatan,” kata Gatut.
Boarding pass inilah yang kemudian harus dibawa penumpang saat pemeriksaan identitas di boarding gate stasiun. Sangat mudah dan cepat, mirip dengan proses cetak tiket mandiri. Gatut menambahkan, sistem ini telah sukses diuji coba dan diterapkan di seluruh stasiun yang berada di wilayah PT KAI Daop 1, 2, 3, 5, 6, dan 7. “Secara bertahap dalam waktu yang singkat PT KAI Daop 4 Semarang akan memberlakukan sistem ini pada seluruh stasiun keberangkatan yang ada di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang berharap pemberlakuan sistem check in dan boarding ini dapat menghilangkan percaloan dan peredaran tiket palsu yang beberapa waktu lalu pernah terjadi di beberapa daerah,” tegas Gatut.
Dengan penerapan sistem check-in, tambah Gatut, boarding pass tidak akan bisa didapatkan penumpang tanpa ada kode boking transaksi pembelian tiket. Sehingga dipastikan tidak akan ada lagi penggunaan tiket palsu. Selain antisipasi terhadap tiket palsu dan pencaloan, cara ini pun dapat memperpendek antrean sehingga memangkas kepadatan stasiun agar lebih longgar. “Diharapkan penerapan sistem check-in di stasiun keberangkatan ini akan semakin meningkatkan ketertiban dan keamanan penumpang kereta api,” pungkas dia. (MJ-070)

Comments are closed.