DEMAK, Mediajateng.net – Sebanyak 13 partai politik peserta pemilu Tahun 2019 menyatakan sikapnya untuk menciptakan Pemilu yang bersih dan bermartabat di Kabupaten Demak.

Bersama tim kampanye dan para pendukungnya, mereka siap menjunjung tinggi Pancasila, UUD 1945 , Bhinneka Tunggal Ika serta menjaga keutuhan NKRI dengan semangat persatuan dan kesatuan.

“Kami berjanji kepada masyarakat Kabupaten Demak, untuk tidak akan menggunakan politik uang, menyebarkan fitnah, berita bohong dan menggunakan isu sara,” kata mereka (peserta pemilu) kompak

Dari 14 parpol, hanya Partai Garuda yang tidak mengikuti acara deklarasi pemilu damai yang berlangsung di Hotel Amantis, Demak, (1/10/2018)

Deklarasi pemilu damai yang digagas oleh Bawaslu Kabupaten Demak, dihadiri oleh Komisioner KPU Demak Polres Demak, Kodim 0716 Demak, Pemkab Demak serta tim kampanye.

Ketua Bawaslu Kabupaten Demak, Khoirul Saleh mengatakan, deklarasi damai ini merupakan salah satu upaya dan ihtiar untuk mewujudkan pemilu bersih di Kabupaten Demak.

Menurut Khoirul, pemilu tahun 2019 merupakan pemilu terumit karena memilih wakil rakyat tingkat pusat, prpopinsi, kabupaten/kota, DPD dan pilpres secara serentak. Meski begitu, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat, partai politik dan penyelenggara pemilu agar bersama – sama mensukseskan hajatan besar ini, karena pemilu kerap dijadikan tolak ukur kesuksesan negara dengan sistem demokrasi.

“Mari jadikan pemilu ini perwujudan kedaulatan rakyat, untuk memilih pemimpin secara prosedural, ” ujarnya.

Sementara itu, salah satu perwakilan parpol, Zayinul Fatta, Sekretaris DPC PKB Kabupaten Demak berharap agar apa yang sudah menjadi kesepakatan bersama, benar – benar dilaksanakan oleh semua parpol demi suksesnya pesta demokrasi yang rohmatan lilalamin.

“PKB berharap pelaksanaan pemilu bisa mewujudkan hak politik masyrakat di Kabupaten Demak,” kata Gus Zayin sapaan akrab Zayinul Fatta.

2 KOMENTAR

Comments are closed.