DEMAK, Mediajateng.net – Memasuki minggu pertama ramadhan, harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) di Kabupaten Demak mengalami kenaikan.

Di sejumlah pasar tradisional, barang kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan diantaranya gula pasir, daging, telur, ayam potong dan bawang merah.

Di Pasar Bintoro, Demak, rata rata kenaikannya berkisar antara Rp. 500 – Rp. 4000 per kilogramnya.

“Ada sejumlah komoditi yang naik sedikit karena situasi saat ini (Ramadhan).
Akan tetapi kenaikannya masih dalam batas kewajaran,” tutur Bupati Demak, M Natsir, saat inspeksi mendadak di Pasar Bintoro Demak, untuk mengecek harga kebutuhan pokok masyarakat, Selasa (22/5/2018).

Dari hasil ‘ blusukan ‘ memantau harga sembako hari ini, harga gula pasir yang semula Rp. 11.500 naik menjadi Rp. 12.000 per kilogram, harga telur dari Rp.23.000 naik menjadi Rp. 25.500 per kilogramnya dan bawang merah dari Rp. 30.000 per kilogram menjadi Rp. 32.000.

Sementara harga daging sapi bervariasi antara Rp. 95.000 – Rp. 115.000 per kilogramnya dan harga ayam potong satu kilogramnya antara Rp. 28.000 – Rp. 32.000.

Sementara itu, harga beras dan minyak goreng, terpantau masih stabil, tidak terjadikan lonjakan harga. Jutru ada sejumlah barag yang terjadi penurunan harga , yakni bawang putih dan cabe merah.

Kenaikan harga kebutuhan pokok tersebut, menurut Bupati Natsir, karena pada puasa Ramadhan ini, banyak warga yang mempersiapkan acara buka puasa dengan hidangan berlebih untuk disajikan pada kerabatnya maupun dibagikan kepada tetangga maupun masjid dan mushola.

” Harga kita pantau terus. Kalau untuk pasokan atau stok kebutuhan sembako di Demak hingga lebaran nanti masih mencukupi. Insya Allah aman, ” ujarnya.

Salah satu pedagang ayam potong Pasar Bintoro Demak, Kolifah ( 55 ), mengaku, memasuki puasa Ramadhan, omset penjualannya ayamnya berkurang. Jika biasanya dalam sehari mampu menghabiskan 50 kilogram daging ayam potong, pada awal puasa ramadhan ini hanya mampu menjual ayam potong sebanyak 40 kilogram.

“Puasa sepi, gak ada yang beli. Jadi jualannya dikurangi, ” katanya.