SEMARANG, Mediajateng.net – Guna mengajak kawula muda untuk mencintai museum, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) membuat video kampanye digital yang diunggah ke situs berbagi video gratis, Youtube.
Video bertema JasMerah atau Jangan sekali-kali melupakan sejarah, tersebut sebagai pengingat bagi kaum muda agar jangan malu tapi cinta berkunjung ke Museum. Menurut Zaul, salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi USM mengatakan, bahwa video kampanye digital tersebut merupakan salah satu pendekatan tekhnologi dalam mencintai budaya berkunjung Museum. “Minat kunjung kaum muda ke Museum masih sangat rendah, dengan video yang kami buat ini kami harapkan bisa membuka mata anak muda kalau Museum itu bisa jadi tempat ngumpul dan nongkrong yang asyik. Selain bisa ngumpul kita juga bisa belajar sejarah dan kekayaan budaya bangsa Indonesia di Museum Ranggawarsita,” kata Zaul.
Pembuatan video kampanye digital Museum Ranggawarsita menurut Zaul sendiri bertujuan untuk lebih mengenalkan Museum ke anak muda juga diharapkan dapat mendongkrak
kunjungan wisatawan ke Museum Ranggawarsita. “Selain itu pembuatan video ini juga sebagai bentuk pengaplikasian keilmuan mahasiswa yang berupa tugas akhir dari mata kuliah Manajemen Public Relation, yang mana kami diajarkan untuk membranding sebuah instansi agar lebih dikenal oleh publik,” tandas dia.
Sementara itu, Jumrotul, salah satu staff Administrasi Museum Ranggawarsita mengatakan bahwa video kampanye tersebut sebagai salah satu ajakan kreatif yang menarik. “Teman-teman pemuda memang demikian mestinya, harus memiliki cara kreatif untuk mengajak sebayanya,” kata dia.
Sambutan positif juga datang dari Rifka, mahasiswa jurusan Pendidikan Guru SD Universitas Sultan Agung (Unisula). Dia mengatakan bahwa generasi muda harus aktif dalam segala upaya pelestarian aset budaya dan sejarah melalui gerakan ayo berkunjung ke Museum. “Sebagai pemuda sudah semestinya lebih aktif menjaga semua aset kekayaan budaya dan sejarah bangsa kita yang salah satu carannya ya berkunjung dan belajar ke Museum,” kata dia.
Bagi pembaca yang penasaran seperti apa videonya bisa klik tautan di bawah ini, https://www.youtube.com/watch?v=2e7tn_EDGQk. (MJ-017)

1 KOMENTAR

Comments are closed.