Ikut Partisipasi, Pegadaian Kunjungi Posko Satgas Covid-19 BUMN Jawa Tengah

0

Semarang, Mediajateng.net, – EVP PT Pegadaian Kanwil XI Semarang, Mulyono, mengunjungi Posko Pusat Informasi Covid-19 BUMN – Gugus Tugas Daerah Wilayah Jawa Tengah di Hotel Pesonna Semarang, Kamis (30/4/2020). Dengan didampingi sejumlah staf dan management Hotel Pesonna, Mulyono mengecek perkembangan informasi terkait kasus Covid-19 ditempat tersebut.

Seperti diketahui, PT Pegadaian Kanwil XI Semarang, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), ikut berpartisipasi dalam penanggulangan pandemi covid-19 di Jawa Tengah bersama BUMN lainnya dengan membentuk Satgas Covid-19 BUMN Jawa Tengah yang berpusat di Hotel Pesonna Semarang.

Menurut Mulyono, Satgas Covid-19 BUMN tersebut sebagai wujud turut serta BUMN dalam menanggulangi dampak covid-19. Di Jawa Tengah sendiri, Satgas dipimpin oleh Semen Indonesia (SIG).

“BUMN membentuk Satgas Penanganan dampak covid-19. Kami dari Pegadaian, sebagai BUMN, juga ikut berpartisipasi dalam Satgas tersebut,” ujarnya kepada mediajateng disela-sela kunjungan.

Mulyono menambahkan, selain berpartisipasi melalui Satgas yang merupakan gabungan dari berbagai BUMN di Jawa Tengah, di antaranya Bank Mandiri, BRI, BNI, Pertamina, dan lainnya, PT Pegadaian juga mendapat tugas tambahan.

“Tugas kami yang lain itu melakukan penanggulangan dampak covid-19 dengan menyalurkan bantuan untuk Kabupaten Kendal dan Brebes. Di dua daerah tersebut, Pegadaian telah mendirikan posko covid-19,” katanya.

Ia menjelaskan, bantuan yang disalurkan yakni Alat Pelindung Diri (APD) ke rumah sakit di Kendal dan Brebes dan juga RS di Wonogiri.

Selain bantuan APD, bantuan yang disalurkan juga berupa sembako kepada warga terdampak. Dikatakannya, total bantuan yang telah disalurkan mencapai Rp 695,5 juta.

“Kami berharap, pandemi covid-19 ini segara berakhir. Sehingga kondisi bisa pulih seperti sebelumnya,” harapnya.

Selain Pegadaian, anak usaha PT Pegadaian yaitu Hotel Pesonna juga turun berpartisipasi dalam penanggulanan dampak covid-19 melalui Satgas tersebut.

“Kami membantu Semen Indonesia sebagai leader Satgas. Kaitannya dengan akomodasi, kami memberikan tempat untuk menjadi posko,” Kata GM Hotel Pesonna Semarang, Deddy Hasdiyanto Basri.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pelaksana Satgas Covid-19 BUMN Jawa Tengah, Kiagus Yonori Eka mengatakan, posko Satgas BUMN menjadi pusat data seluruh pegawai BUMN di Jawa Tengah. Baik pegawai yang sehat, masuk kategori orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) maupun terkonfirmasi positif covid-19.

“Dari data yang ada di kami, menjadi acuan BUMN dalam penyaluran bantuan. Sehingga bisa diketahui daerah mana yang perlu bantuan,” ucapnya kepada mediajateng.

Terkait bantuan, lanjutnya, Satgas telah menyalurkan 2.000 masker dan 1.000 hand sanitaizer ke berbagai Puskesmas yang ada di Kota Semarang. Selain itu, bantuan untuk para tenaga medis RSUP Dr Kariadi yang diisolasi di Hotel Kesambi Hijau. (ot/mj)