SEMARANG, Mediajateng.net – Untuk meningkatkan kepedulian terhadap anak jalanan, Forum Peduli Anak Jalanan kota Semarang bersama Dinas Sosial Pemuda dan Olah Raga kota Semarang menyelengarakan lomba video dan poster.
Mengangkat tema “Jadilah Pemberi yang Bijak”, Forum Peduli Anak Jalanan dan Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran agar tidak lagi memberikan bantuan langsung ke anak jalanan, tetapi melalui jalur yang tepat.
Bintang Al Huda, salah satu panitia mengungkapkan, dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan kota Semarang masih menyisakan kesenjangan atau ketimpangan yang semakin besar, terutama dalam pembagian pendapatan antar golongan. “Ini berarti bahwa pertumbuhan ekonomi yang pesat belum berhasil untuk menanggulangi masalah kemiskinan, seperti pengangguran dan masalah sosial-ekonomi lainnya, seperti gelandangan dan pengemis,” kata dia.
Kita, lanjut Bintang, dapat melihat gelandangan dan pengemis di lampu merah kota, tidak sedikit usia anak yang turun ke jalan menjadi pengemis. “Bahkan menjadi pengemis sekarang sudah di jadikan sebagai ladang pekerjaan yang menjanjikan. Pemberi sedekah atau uang di jalan raya juga menjadi salah satu faktor maraknya profesi pengemis. Butuh kesadaran masyarakat untuk tidak memberi secara sembarangan agar dapat menekan angka pengemis,” tegas dia.
Untuk mewujudkan penyadaran masyarakat tersebut, kampanye “Jadilah Pemberi yang Bijak” terus digalakkan. Untuk turut serta dalam lomba, batas pendaftaran dan pengiriman karya sampai tanggal 24 September 2016. “Pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 27 September dan hadiah akan diserahkan pada tanggal 1 Oktober 2016,” kata dia.
Lomba ini merebutkan piala walikota Semarang serta uang pembinaan. Karya terbaik akan ditayangkan di beberapa video tron, dan akan di pasang pada baliho di titik strategis di kota Semarang. Jika berminat, bisa menghubungi Bintang (089640404059), atau Aditya (081802407377). (MJ-017)

2 KOMENTAR

Comments are closed.