SEMARANG, Mediajateng.net – Kandungan senyawa protein albumin ikan gabus secara klinis lebih tinggi dari ikan salmon. Hal ini kurang disadari masyarakat sekarang ini, padahal kandungan protein tersebut bermanfaat untuk pertumbuhan dan proses penyembuhan.

Demikian diungkapkan General Manager PT Prima Medika Laboratories, Daniel Than, disela diskusi ‘Apa Sehat Menurut Kamu’, di Hotel Room Inc Semarang, belum lama ini.

“Tiga komponen zat gizi dalam tubuh yang diperlukan tubuh yakni karbohidrat, lemak, dan protein, keseimbangan nutrisi itu harus dijaga,” kata dia.

Kepada Mediajateng.net, Rabu (25/4/18) diuraikan tak hanya tiga komponen itu saja yang penting. Dalam tubuh manusia dibutuhkan mikronutrien, salah satunya albumin. Tubuh manusia memproduksi albumin namun perlu dijaga ketercukupannya melalui asupan makanan.

“Albumin adalah plasma protein dalam darah yang berfungsi serana transportasi nutrisi ke seluruh tubuh dan penyeimbang cairan di dalam tubuh,” ujarnya menjelaskan.

Dalam risetnya, jika ikan asli Indonesia yakni ikan gabus memiliki kandungan albumin lebih tinggi dari ikan salmon. Meski kandungan albumin dalam darah sangat kecil hanya 3,4 – 5,5 desiliter, tapi peranannya sangat besar karena setiap nutrisi dalam tubuh akan dibawa oleh albumin.

“Satu ekor ikan gabus memiliki ekstrak protein kadar albumin sebesar 30,3 persen, lebih tinggi dari ikan salmon. Salmon hanya kaya akan omega 3,6, dan omega 9 saja,” katanya.

Albumin, menurutnya, sangat cocok bagi siapa saja baik anak-anak dimasa pertumbuhan, maupun bagi ibu hamil sampai proses persalinan. Bahkan karena gabus adalah ikan air tawar maka tak ada resiko alergi saat dikinsumsi. Alergi hanya terdapat pada jenia ikan laut saja.

“Jika ibu hamil kebutuhan albuminnya terpenuhi maka bayi akan berkembang secara cepat selama sembilan bulan di dalam perut. Sebaliknya kalau albuminnya kurang, anak akan kekurangan gizi dan tumbuh kembangnya menjadi tidak optimal,” tambahnya.

Selain pada ikan gabus, asupan albumin, tambah dia, juga bisa didapat dari putih telur. Namun untuk memenuhi kebutuhan protein sebanyak 60 gram per hari, dibutuhkan 10 butir putih telur sehari. Tentunya konsumsi telur sebanyak ini tak akan mampu dicukupi oleh masyarakat.

“Melihat kebutuhan protein yang cukup tinggi ini, maka Prima Median Laboratories meluncurkan Albusmin yang merupakan ekstrak ikan gabus dengan kadar protein albumin, asam amino dan mineral penting dalam jumlah tinggi,” katanya.

Dia berharap, suplemen ini bisa mempermudah masyarakat khususnya ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan albumim yang berperan sebagai feeder sehingga tumbuh kembang janin maksimal dan proses pemulihan usai melahirkan lebih lancar.(fajar-mj)

1 KOMENTAR

  1. I have been searching on line in excess of 3 hours these days, but My spouse and i certainly not found out any exciting post including your own house. It truly is stunning value more than enough for me video youtube terbaru. For me personally, when all web owners and writers designed excellent material when you would, websites will most likely be additional useful than ever.

Comments are closed.