GROBOGAN, Mediajateng.net – Dalam rangka peringatan HUT RI ke 73, sebanyak 92 napi Rutan Purwodadi mendapatkan remisi. Pemberian remisi di Rutan kelas II B ini didasarkan pada surat edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI nomor SEK.UM/ 04/01-246 mengacu Keputusan Menteri dan Perundang-undangan 12012000 nomor M/09/HN/02/0 tahun 1999 tentang remisi kepada narapidana dan anak pidana.

Penyerahan remisi ini dilakukan langsung Bupati Grobogan Hj Sri Sumarni secara simbolis kepada enam napi penerima Remisi Umum (RU) II. Kepada para napi, Bupati menghimbau agar mengucap syukur sudah menerima remisi ini. Selain itu, bagi napi yang akan menghirup udara segar diminta untuk segera berbaur dengan masyarakat.

“Bagi narapidana yang telah menerima remisi ini, saya berpesan terimalah dengan rasa syukur. Selain itu bagi napi yang akan bebas dari tahanan diharapkan untuk segera berbaur dan menyatu dengan keluarga dan masyarakat dan berbuat lebih baik guna membangun Kabupaten Grobogan,” ungkap Sri Sumarni.

Orang nomor satu di Kabupaten Grobogan ini juga berharap dapat melaksanakan pelayanan, partisipasi terhadap warga binaan, juga meningkatkan pelayanan di masa mendatang.

“Kita juga harus bisa menjaga nama baik tidak merusak institusi. Semoga pemberian remisi ini memberi kesempatan untuk berbuat baik dengan meningkatkan keimanan pada Tuhan YME , menjadi insan yang berbudi luhur dan berguna bagi kehidupan serta mengabdi bangsa dan negara,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas II B Purwodadi Surakhmat, AMdIP, menyatakan, sebagian besar penerima remisi merupakan warga binaan yang menjalani masa tahanan lama seperti kasus pencurian, narkotika, serta kekerasan terhadap anak,” ungkapya.

Kepala Rutan menyatakan, usulan pemberian remisi dalam peringatan HUT RI ke 73 ini dibagi menjadi dua yakni 22 usulan di tahun pertama dan 70 usulan di tahun selanjutnya. “Masing-masing dengan rincian remisi 1 bulan ada 46 napi, 2 bulan 23 napi, 3 bulan 14 napi, 4 bulan 7 napi serta 5 bulan 2 napi,” ungkapnya.

Surakhmat juga menambahkan, kondisi Rutan saat ini terisi 207 warga binaan yang terdiri dari 159 orang napi dan 53 tahanan yang terbagi kasus pidana umum sebanyak 176 orang dan 31 pidana khusus yakni kasus narkoba (28) dan kasus tindakan pidana korupsi (3).

Hadir dalam kegiatan penyerahan remisi yakni Bupati beserta jajaran FKPD Kabupaten Grobogan.

Dari 92 napi, enam diantaranya menerima Remisi Umum (RU) II, yakni Muhdi, Slamet, Imam Supaat, Yudianto, Parmin, dan Mat Zaini. Keenamnya mengaku senang mendapatkan pemotongan masa tahanan di HUT RI ke 73 ini.