SEMARANG, Mediajateng.net – Ratusan anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Semarang melakukan aksi di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan, Rabu (11/5). Mereka menuntut pencopotan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Saut Situmorang.
Aksi tersebut sebagai reaksi atas tuduhan yang dilontarkan Saut pada acara talkshow di sebuah stasiun televisi swasta, bahwa kader HMI dicap sebagai koruptor dan bermulut kotor. “Kami tidak terima, ini penghinaan atas organisasi kami. Saut harus lengser!” tegas koordinastor aksi, Dias Saktiawan.
Aksi juga diselingi dengan teaterikal yang menceritakan ruwatan oleh seorang dukun atas diri Saut Situmorang. “Ini untuk membersihkan pikiran kotor yang sebenarnya terbenam pada diri Saut,” tambah dia.
Dengan statemennya tersebut, lanjut Dias, Saut sudah tidak pantas menjabat sebagai Ketua KPK, karena dengan mengatakan demikian menurut Dias, Saut tidak paham sejarah. “ungkapan pejabat publik tidak boleh mendiskreditkan salahsatu pihak. Apalagi HMI. HMI adalah organisasi kemahasiswaan yang sudah tua, dan mengawal keberlangsungan dan kemajuan bangsa ini,” tandas dia.
Selesai melakukan teaterikal, anggota HMI justru berusaha mendobrak pagar kantor Gubernur yang telah digembok dan dijaga petugas Satpol PP. Praktis, adu kekuatan antara mahasiswa dan petugas tidak terhindarkan. Ketika terjadi kericuhan, puluhan personel kepolisian dari Polrestabes Semarang dan Polda Jateng langsung diterjunkan. Polisi juga menurunkan seekor anjing pelacak untuk antisipasi kericuhan. Selain itu juga menyiagakan mobil water canon di halaman kantor Gubernur Jateng. Setelah suasana mereda, mereka melakukan negoisasi. HMI pun mendapat kesempatan masuk ke kantor DPRD Jateng untuk menyampaikan aspirasinya. “Kami meminta anggota dewan mendukung HMI untuk mendorong Saut Sitomorang dipecat dari KPK,” tegas Dias.
Sayang, tidak ada satu pun dewan yang menemui. Kantor dewan pun tampak sepi. Merasa tidak puas, anggota HMI bergeser ke Mapolda Jateng dengan melakukan longmarch dari halaman kantor DPRD Jateng. “Kami akan melaporkan pernyataan Saut ke pihak kepolisian. Alasannya pencemaran nama baik,” pungkasnya. (MJ-058)

Comments are closed.