Semarang,Mediajateng.net-Satuan lalu lintas Polrestabes dan Dinas Perhubungan kota Semarang, hari ini mulai memberlakukan satu arah. Pemberlakuan satu arah ini secara simbolis oleh Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Catur Gatot Effendi dan Pejabat Pelaksna Dinas Perhubungan Tri Wibowo , Kamis 5/1  dengan pemasangan rambu dilarang belok kiri di jalan Brigjen Katamso.

Dua titik yang diberlakukan hari ini meliputi kawasan jalan MT Haryono dan  bundaran taman KB Semarang. Sejumlah petugas Satlantas dan Dinas Perhubungan dari pagi sudah melakukan penjagaan di kawasan yang menjadi titik pemberlakuan jalan searah ini.

Kasatlantas AKBP Catur Gatot Effendi mengatakan, dengan diberkakukan satu arah ini diharapkan arus lalu lintas semakin lancar dikawasan tersebut. Masyarakat juga diharapkan bisa mendukung program ini.

“Mulau hari ini dua kawasan MT Haryono dan bunderan taman KB sudah diberlakukan satu arah, untuk kawasan seperti Gajahmada, Pemuda, Thamrin, Imam Bonjol dan  Veteran menyusul pada bulan berikutnya,” Ungkap Catur

Sosialisasi satu arah ini menurut Catur akan dilakukan sesuai Perkap yaitu 100 hari kerja dan belum diberlakukan penindakan dengan sangsi Tilang.

Sementara itu Sekretaris Dinas Perhubungan kota Semarang mengakui dengan pemberlakuan satu arah ini diprediksi akan menambah banyaknya parkir liar di kawasan teraebut. Namun pihaknya akan melakukan tindakan tegas jika mendapati kendaraan yang parkir tidak sesuai dengan ketentuan.

“Banyaknya tempat usaha yang tidak mempunyai lahan parkir membuat kendaraan yang akhirnya parkir di sembarang tempat hingga membuat kawasan tersebut rawan macet. Nanti saya akan kordinasikan dengan instansi terkait lainya, hingga pemberlakuan satu arah ini menjadi tidak sia sia,” ungkap Tri.

Rencananya setelah kawasan Menteri supeno atau bundaran Taman KB , Satlantas Polrestabes Semarang akan memberlakukan lagi kawasan berikutnya. Menunggu respon dari masayarakat. (MJ-303)

1 KOMENTAR

Comments are closed.