SEMARANG, mediajateng.net – Mendekati pelaksanaan Pemilu 2019 pada April mendatang, semua partai politik makin memantapkan mesin politiknya guna memenangkan pesta demokrasi tersebut. Salah satunya Partai Hanura Jawa Tengah yang menargetkan di semua kabupaten/kota di wilayahnya memiliki perwakilan anggota DPRD.

Demikian diungkapkan Ketua DPD Hanura Jawa Tengah, Bambang Raya Saputra, belum lama ini. Menurutnya, konsolidasi untuk pemenangan pemilu 2019 terus dilakukan, baik itu untuk Pilpres maupun Pemilu Legislatif (Pileg).

Untuk target perolehan kursi, Bambang mengatakan, sangat realistis mengingat pada pemilu 2014 lalu partainya tidak menyetor satu namapun ke kursi parlemen baik di DPRD Jawa Tengah, Kota Semarang bahkan juga di DPRI RI. Khusus untuk Kota Semarang di Pileg 2019 ini, pihaknya mentargetkan ada 6 anggota dewan.

“Kita di Kota Semarang mentargetkan ada 6 dewan, karena disini dapilnya  maka masing-masing dapil paling tidak menyetorkan 1 nama di parlemen legislatif,” ujarnya, belum lama ini.

Target 6 kursi parlemen di Kota Semarang, menurutnya, bukan hal yang mustahil. Dikatakan Bambang, militansi partai tersebut saat ini sudah berjalan. Beberapa dapil optimis menang seperti di Semarang Utara, Semarang Barat dan Tanah Mas.

Bambang menjelaskan, di Pemilu 2014 tidak ada satu pun keterwakilan Partai Hanura di DPRD Kota Semarang. “Karena di 2014 lalu pengurus DPC Hanura Kota Semarang memang belum terbentuk, masih banyak masalah dulu,” ujarnya.

Tidak terkoordinirnya dengan baik tubuh partai besutan Wiranto tersebut, diakuinya juga terjadi hampir diseluruh wilayah Jawa Tengah. Hal tersebutlah yang membuat perolehan suara Hanura hanya 2 juta pada Pemilu 2014 lalu.

Padahal, lanjutnya, Jawa Tengah merupakan basis terbesar Partai Hanura. Koordinasi yang kurang optimal terseut membuat beberapa wilayah sampai sekarang belum memiliki DPC. Seperti di Cilacap, Sukoharjo, Salatiga.

“Sekarang DPC Semarang sudah terbentuk ketuanya Suryanto,” katanya. Pada pemilu 2019 ini pihaknya yakin jika suara Partai Hanura akan lebih terdongkrak. Beberapa wilayah yang diklaim sebagai kantong suara partai tersebut antaralain Kabupaten Temanggung, Wonosobo, Purworejo, Rembang, Blora, Kabupaten Tegal.

“Di Temanggung kita memiliki 4 anggota dewan, Wonosbo 4, Purworejo 4, Rembang, Blora, Kabupaten Tegal itu ada 3 anggota dewan. Itu basis-basis kita,” ujarnya. dikatakan Bambang menghadapi Pemilu 2019 ini, pihaknya sudah melakukan koordinasi antar wilayah dengan baik.

Tidak terkecuali untuk wilayah Kota Semarang. Sekertaris DPD Hanura Jawa Tengah, Adeng Sudarwanto mengatakan khusus untuk Kota Semarang, apabila target enam tersebut tidak memenuhi, paling tidak ada caleg hanura yang mampu duduk di kursi parlemen DPRD Kota Semarang.

“Tidak ada yang tidak mungkin. Persiapan dan strategi kita optimis,” tuturnya. Ia juga mengklaim jika berdasarkan pemetaan DPD Hanura Jawa Tengah, persebaran suara partai itu di Kota Semarang sudah merata. (ot/mj)