DEMAK, Mediajateng.net – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Demak, memeriksa sejumlah kepala desa di Kabupaten Demak terkait dugaan keterlibatan mereka dalam kampanye salah satu calon legislatif (caleg) DPR RI.

Dua petinggi desa, yakni Abdul Gofur , Kepala Desa Weding, Kecamatan Bonang dan Sarif ,Kepala Desa Krajanbogo Kecamatan Bonang,dimintai klarifikasinya di Kantor Bawaslu Demak, Rabu (13/2/2019).

Mereka bersama sejumlah kepala desa lainnya, pada Sabtu (9/2/2019) lalu, ikut menghadiri pertemuan dengan Lestari Moerdijat, Caleg DPR RI dari Partai Nasdem, di salah satu hotel di Kota Semarang.

” Kita panggil mereka (kades) terkait pertemuannya dengan caleg,” kata Khoirul Saleh, Ketua Bawaslu Demak.

Dari hasil klarifikasi, dua kepala desa itu, hadir dalam pertemuan tersebut atas undangan salah seorang warga Kembangan, Kecamatan Bonang.
Dalam pengakuannya, Kades Sarif menyatakan bahwa Lestari Moerdijat hanya memperkenalkan diri dan menceritakan dirinya saja. Sedangakan Kades Gofur mengaku datang di acara itu saat doa berlangsung.

“Hasil klarifikasi ini akan kami kaji ulang. Kita lakukan investigasi,” ujarnya.

Informasi yang dihimpun Bawaslu Demak, pertemuan dengan caleg DPR RI itu digelar dua kali , yakni pukul 10.00 WIB dan 13.00 WIB dan
diduga dihadiri oleh kepala desa se Kabupaten Demak.

” Yang hadir dalam pertemuan itu, dimungkinkan adalah kepala desa se-Demak,” bebernya.

“Kami masih proses pendalaman, apakah masuk pelanggaran kampanye, apakah bentuk pelibatan kepala desa dalam
kampanye dan apakah kepala desa itu membuat kebijakan yang menguntungkan caleg,” tutup Khoirul.