DEMAK, Mediajateng.net – Menyambut Pilkada Demak tahun 2020, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terus melakukan konsolidasi internal. Pada gelaran pesta demokrasi lima tahunan ini, PKB sudah menyiapkan sejumlah nama bakal calon bupati untuk memimpin negeri para wali ini.

“Suara PKB adalah berbasis Nahdlatul Ulama. Ada 15 nama dari kader NU dan PKB yang sudah kita setorkan kepada kiai sepuh. Nama – nama itu sedang diproses. Kiai sepuh sedang istiqarah, kita tunggu mungkin muncul atau mengerucut jadi tujuh atau lima nama. Kita tunggu “survei langit” saja,” kata Yusuf Chudlori , Ketua DPW PKB Jateng, seuasai acara halal bihalal DPC PKB Demak bersama PC NU Demak di Pondok Pesantren Fathul Huda asuhan KH Zaenal Arifin Mansyur, Kamis (4/7/2019) sore.

Nama – nama kandidat calon bupati yang nantinya diajukan oleh PKB , baik itu dari kader PKB maupun kader di struktur NU merupakan kader potensial yang mempunyai visi untuk kemajuan Demak dan berkomitmen membesarkan NU dan PKB.

“Kriteria calon itu seperti apa, kan normatif. Tentunya yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Demak, saya yakin Romo Kiai yang siang malam menemani masyarakat tahulah Demak itu butuh sosok seperti apa. Monggo kerso (silakan saja) nanti Kiai ngersake (ingin) perempuan atau laki – laki ,” ujar Gus Yusuf sapaan akrabnya.

Sebagai salah satu kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada, tentunya menjadi sebuah gawe besar bagi PKB untuk ikut berpartisipasi dalam gelaran pesta demokrasi tersebut. Sebagai partai pemenang kedua di Kabupaten Demak, dengan perolehan 9 kursi legislatif pada Pemilu Legislatif 17 April 2019 lalu, PKB masih memerlukan koalisi dengan partai lain untuk bisa mengusung calonnnya sendiri.

Ketua DPC PKB Kabupaten Demak , Munhamir, mengaku sudah melakukan komunikasi dengan semua partai. Namun saat ini masih dalam tahap penjajakan dan belum menentukan dengan partai mana nantinya akan bersama sama mengusung calon Bupati Demak.

“Kita sudah komunikasi dengan semua partai, tapi belum mengerucut dengan partai mana. Sedangkan untuk kandidat calon, kita menunggu dari Romo Kiai dulu. Dari 15 nama yang kita ajukan itu nanti siapa yang mendapat restu. Baru nanti kita sampaikan ke publik. Insya allah secepatnya,” kata Munhamir. (MJ-AB)