SEMARANG, Mediajateng.net – Kejahatan gadget dipaparkan oleh mahasiswa diploma Komunikasi Universitas Diponegoro di hadapan siswa SMA 1 Sultan Agung, Kami (12/5). Beragam fitur yang mestinya memanjakan kawula muda, justru mengandung banyak hal negatif.
Dalam penjelasannya, Adam Yolanda mengatakan sebaiknya gadget digunakan secara bijak. Artinya, pemakai harus mampu menentukan kebutuhan dan tempat pemanfataan. “Jangan sampai tewasnya orang gara-gara selfie terulang lagi,” kata dia.
Daripada sekadar selfie, lanjut Adam, banyak hal lain yang bisa mendatangkan kemanfaatan gadget dengan segala perangkat modernnya. “Bisa juga dipakai untuk video maker. Lalu diupload di youtube dan membuat kalian terkenal bahkan punya penghasilan sendiri,” jelas dia.
Yusuf Ihsrin, mahasiswa lainnya dari Fisip Undip juga menilai bahwa kejahatan teknologi kini telah merusak perilaku generasi muda. “Banyak orang yang menyalahgunakan handphone hanya untuk menonton film berbau pornografi, memotret yang enggak penting sampai-sampai yang doyab selfie secara berlebihan. Ini harus dihentikan sekarang juga,” tegasnya.
Acara dialog menangkal kejahatan gadget yang diiniasi oleh mahasiswa diploma Komunikasi Undip dan lembaga peduli anak ini juga menampilkan berbagai trik jitu dalam menangkal cyber crime yang akhir-akhir ini marak terjadi di Indonesia. (MJ-047)

1 KOMENTAR

Comments are closed.