Guna Tingkatkan Keselamatan Kerja, Tim Pengabdian Masyarakat USM Beri Edukasi K3 Kepada Tenaga Lapangan DPU Kota Semarang

Semarang, mediajateng.net, – Guna meningkatkan kesadaran akan keselatan kerja, Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Semarang (USM) memberikan Edukasi mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) kepada tenaga lapangan Seksi Pengelolaan Irigasi dan Sumber Air Bidang SDA dan Drainase Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Sabtu (20/11/2021).

Edukasi K3 dilakukan di rumah dinas Jinunjung Kelurahan Sumurejo Kecamatan Gunungpati.
Tim PkM ini berasal dari dosen Teknik Sipil Fakultas Teknik USM. Mereka adalah Nurti Kusuma Anggraini, S.T., M.T., Galih Widyarini, S.T., M.T dan Yesina Intan Pratiwi, S.T., M.T.

Menurut Ketua Tim, Nurti Kusuma Anggraini, edukasi K3 sangat penting diterapkan dalam proyek karena bermanfaat untuk meminimalisir resiko kecelakaan kerja. Selain itu, K3 berguna juga untuk meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja di lapangan.

“K3 penting sekali di sebuah lokasi proyek, salah satunya dengan menggunakan Alat Pelindung diri (APD) seperti helm proyek, rompi safety, sepatu safety, kacamata, sarung tangan, pelindung telinga dan masker,” katanya membeberkan.

Nurti Kusuma Anggraini berharap dengan adanya edukasi K3, nantinya para tenaga lapangan menjadi lebih meningkatkan kesadaran betapa pentingnya K3 sehingga wajib menerapkan penggunaan APD saat di lokasi proyek.

“Kami dari tim PkM sangat menekankan penerapan K3 saat di lapangan atau lokasi proyek. Ini menjadi hal penting demi keselamatan dan kesehatan para pekerja,” harapanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Pengelolaan Irigasi dan Sumber Air Bidang SDA dan Drainase Dinas DPU Kota Semarang, Ir. Victor Tri Karyanto Nugroho, S.T., M.T, mengapreasiasi program Tim PkM USM yang mengadakan edukasi K3 kepada para staff dan tenaga lapangan Seksi Pengelolaan Irigasi dan Sumber Air Bidang SDA dan Drainase DPU Kota Semarang.

“Kami mengucapkan banyak terim kasih atas adaanya edukasi K3 dari tim PkM USM. Acara ini tentunya sangat bermanfaat karena K3 itu penting, keselamatan dan kesehatan kerja menjadi tolok ukur kinerja kita. Harapan saya dengan adanya edukasi K3 ini bisa menambah wawasan pengetahuan buat teman-teman baik di kantor maupun di lapangan,” pungkasnya.(ot/mj)