Grobogan, Mediajateng.net – Kabupaten Grobogan terpilih menerima penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) 2018. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila Djuwita Moeloek, SpM kepada Asisten II Setda Grobogan Ir. Ahmadi Widodo MT di auditorium Siwabessy, Jakarta. Kabupaten Grobogan terpilih bersama 22 kota/kabupaten di Indonesia yang meraih penghargaan tersebut.

Perlu diketahui, pada 31 Mei 2016 lalu, Kabupaten Grobogan dinyatakan sebagai Open Defecation Free (ODF) atau bebas buang air besar sembarangan dan dideklarasikan langsung Menkes RI Dr dr Nila Moeloek, SpM di Desa Panunggalan, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan. Dengan komitmen dan kerja sama masyarakat Kabupaten Grobogan ini dalam meningkatkan kualitas jamban sehat.

“Pencapaian prestasi ini tidak lepas dari peran serta pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta. Status ODF yang disandang Kabupaten Grobogan memberi konsekuensi kepada kita semua bahwa di tahun berikutnya tidak hanya akses sanitasi saja, tetapi bagaimana meningkatkan kualitas jamban sehat semi permanen menjadi jamban sehat permanen,” ungkap Ahmadi Widodo, yang mewakili Bupati Grobogan menerima penghargaan.

Widodo, sapaan akrabnya menambahkan, penganugerahan STBM berkelanjutan ini diharapkan dapat memberikan semangat kepada masyarakat Kabupaten Grobogan untuk dapat meningkatkan pelaksanaan pilar selanjutnya.

“Pelaksanaan pilar selanjutnya dalam STBM yaitu program mencuci tangan dengan sabun, penggunaan air minum atau memasak dan kebutuhan rumah tangga lainnya, pengelolaan sampah rumah tangga serta pengelolaan limbah cair rumah tangga,” kata Widodo.

Dalam kegiatan ini, hadir mendampingi Ahmadi Widodo yakni Kabag Humas Pemkab Grobogan Teguh Harjokusumo serta unsur Dinas Kesehatan Grobogan. (Ag-MJ)