GROBOGAN, Mediajateng.net – Warga bersama jajaran TNI-Polri dan relawan bekerja bakti menutup tanggul sungai yang jebol di desa Ngroto, Kecamatan Gubug.
Dengan Gotongroyong selama tiga hari, akhirnya tim gabungan TNI, Polri, relawan dan warga berhasil menutup tanggul yang bocor di Desa Ngroto, Kecamatan Gubug, Jumat (14/10).
Tim gabungan, berhasil menutup saluran setelah menyusun ribuan karung berisi tanah liat.
Kapten Inf Untung Harjanto, Pasi Ops Kodim 0717 Purwodadi, saat memimpin kerjabakti mengungkapkan, kerjabakti dilakukan dengan cepat mengingat tanggul di Desa Ngroto, jebol hingga ke dasar sungai. “Kerja sama bersama warga dilakukan karena lahan memang susah menggunakan alat berat,” ungkapnya sembari mengangkat tanah dalam karung.
Ribuan karung tanah liat tersebut untuk menutup tanggul yang jebul sekitar 20 meter.
AKP Lamsir, Kasat Sabara Polres Grobogan mengungkapkan, kerja tim gabungan menjadi alternatif penanganan banjir yang dilakukan untuk menutup jebolan sebelum banjir susulan datang. “Jika dikerjakan dengan alat memang hanya perlu waktu hitungan jam. Namun dengan kekuatan manusia perlu waktu hingga tiga hari,” tambahnya.
Sementara itu, Masmui, warga Papanrejo, Kecamatan Gubug mengaku cukup tenang setelah tanggul ditambal.
“Tanggul sudah ditambal. Jadi warga bisa aman dari banjir susulan,” akunya.
Sementara itu, prosesi pemberian bantuan hingga saat ini masih terus dilakukan. Tim dari Kodim bersama ibu-ibu Fatayat NU melakukan pengemasan bantuan di kantor Kecamatan Tegowanu. “Bantuan terus dilakukan hingga warga selesai membersihkan rumah,” ungkap Danramil Tegowanu, Kapten Wagimin. (MJ-070)

 

Comments are closed.