DEMAK, Mediajateng.net – Gerakan sadar pajak terus dilakukan KPP Pratama Demak. Kali ini, menerima kunjungan siswa-siswi MTS NU 03 Sabilul Huda, penanaman kesadaran pajak ditularkan.
Sekitar 30 siswa-siswi dari MTS NU 03 Sabilul Huda yang hadir ditemani Guru Pendamping ini, guna mendapatkan pemahaman perpajakan, di kantor aula KPP PRatama Demak, baru-baru ini.
Kepala KPP Pratama Demak diwakili Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi I Nanda Andito, mengungkapkan, pajak masih menjadi ujung tombak dalam hal sumber pendapatan negara dengan persentase suplai sekitar 80 persen.
Kondisi ini, menunjukkan bahwa pemerintah sangat mengandalkan pajak untuk membiayai negara. Untuk mencapai target penerimaan pajak yang terus meningkat setiap tahunnya, pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Pajak juga terus melakukan pembenahan di bidang peraturan dan teknologi perpajakan. “Selain itu, tentu memberikan sosialisasi yang gencar pada Wajib Pajak. Kami menyambut baik maksud kunjungan dari rekan-rekan MTS NU 03 Sabilul Huda ini, dengan demikian adik-adik yang merupakan Calon Wajib Pajak atau Kader Pajak ini akan dapat mengenal dan belajar pajak lebih dini,” ungkap Nanda Andito, kemarin.
Ditemui setelah mendampingi office tour, Sulistyono Account Representative KPP Pratama Demak mengungkapkan, Kegiatan sosialisasi kapada siswa penting dilakukan, karena pengetahuan dan wawasan masyarakat akan sistem dan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia dirasa masih kurang. “Kurangnya pengetahuan dan wawasan masyarakat menyebabkan sebagian masyarakat cenderung apatis dan pada akhirnya memilih untuk tidak melaksanakan kewajiban baik membayar maupun melaporkan pajaknya,” ungkap dia.
Jika hal ini diabaikan begitu saja, maka akan berdampak pada penerimaan negara yang akan berpengaruh pada anggaran pembangunan nasional. “Namun, melihat semangat dari adik-adik siswa-siswi ini kami optimis kelak akan ada generasi yang sadar dan taat pajak,” tambah dia.
KPP Pratama Demak sendiri dalam melakukan edukasi perpajakan kepada para Kader Pajak baik pelajar maupun mahasiswa juga telah menyediakan saran literasi yang ada dalam bentuk Perpustakaan KPP Pratama Demak yang menyediakan buku-buku materi perpajakan maupun majalah yang sebagian di antaranya dikemas dengan gambar yang menarik.
Selain itu KPP Pratama Demak juga menyediakan Rumah Pajak untuk Anak. Sebagai wujud komitmen nyata KPP Pratama Demak untuk mengenalkan pajak sejak dini kepada para generasi muda. (MJ-047)

4 KOMENTAR

Comments are closed.