Kudus – mediajateng0net

Satuan Reserse dan Kriminal Polres Kudus, berhasil mengamankan M. Zainul (34), warga Nalum Sari Jepara terkait penggelapan 42 unit mobil aneka jenis yang dilakukannya. Penggelapan yang dilakukan dengan cara menyewa mobil rental di Semarang, Kudus, dan Pati. Hasil rental tersebut kemudian digadaikannya ke beberapa orang di daerah Kudus dan Jepara.

Dihadapan Kapolrea Kudus, tersangka yang bergelar sarjana S2 tersebut melakukan tindak kriminalitas tersebut sejak November 2016-Maret 2017.
Modus yang dilakukan tersangka yakni menyewa mobil dari sejumlah pemilik rental dengan jangka waktu bulanan. Biaya sewa sebulan sekitar Rp5 jutaan.

“Selanjutnya, mobil saya gadaikan kepada seseorang dengan nominal Rp.20 juta hingga Rp50 juta per unit tergantung jenisnya.Bila ditagih pemilk rental, saya bayar sekian persen untuk memperpanjang sewanya,” ungkap Zainul

Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning saat ditemui awak media membeberkan aparat sudah mengamankan 20 mobil diduga hasil penggelapan Zainul. Dari jumlah tersebut, lima unit mobil sudah diketahui identitas pemiliknya. Sedangkan 15 unit lagi, masih belum diketahui pemiliknya.

“Bagi masyarakat yang merasa kehilangan mobilnya silahkan datang ke Polres Kudus untuk mengeceknya dengan membawa bukti kepemilikan mobil ,” kata Kapolres

Selanjutnya teesangka Zainul ini masih dilakukan penyelidikan. Tidak menutup kemungkinan adanya unit mobil lainya yang digadaikan ke pihak lain. (MJ-303)