SEMARANG, Mediajateng.net – Sebuah bangunan kuno yang dijadikan tempat penyimpanan bahan bakar minyak (BBM) di daerah Bandarharjo Kecamatan Semarang utara terbakar.

Belum diketahui penyebab terjadinya insiden ini, namun kobaran api juga menghanguskan satu buah kendaraan truk yang ada di dalam bangunan peninggalan Belanda tersebut.

Peristiwa kebakaran ini terjadi, Senin, (5/12) dan diketahui sekira pukul 13.30 wib, sedangkan bangunan tua yang terbakar tersebut bernama Marabunta. Namun bangunan itu dipakai beberapa perusahaan diantaranya PT Teguh Makmur dan PT Rajawali.

Menurut keterangan saksi mata di lokasi kejadian,  Ahmad yang merupakan warga sekitar mengatakan api bersumber dari tempat bangunan PT Rajawali. Namun, laki-laki paruh baya ini mengakui tidak mengetahui asal mula penyebab api tersebut.

“Kalau awal penyebabnya saya tidak tahu. Tahunya ya pas saya kerja di situ, tahu-tahu melihat api sudah besar dan membumbung tinggi dari bangunan yang untuk penyimpanan oli,” ungkap pekerja di PT Teduh Makmur, Senin, (5/12).

Kasie Operasional Pemadam Kebakaran, Sumarsono menjelaskan titik lokasi kebakaran di tempat PT Rajawali terdapat ditengah. Sedangkan api yang mudah membesar lantaran tempat yang terbakar berisi bahan minyak.

“Titiknya berada di tengah, tapi api sudah bisa kita lokalisir. Jadi tebalnya asap ini karena ada unsur dari oli,” katanya.

Sumarsono mengatakan, upaya pemadaman tersebut telah mengerahkan 10 unit mobil pemadam kebakaran. Lokasi kebakaran yang berada di pinggir sungai tersebut juga memudahkan petugas untuk menyalurkan selang untuk bisa langsung disemprotkan ke tempat lokasi kebakaran.

“Kalau kendala saya rasa tidak ada, hanya saja warga yang berkerumun menyaksikan kebakaran di lokasi kejadian sempat mengganggu kendaraan pemadam yang masuk menuju lokasi kejadian,” katanya.

Sementara itu Kapolsek Semarang Utara Kompol Sulkhan saat dimintai keterangan di lokasi kejadian mengatakan bahwa kebakaran ini masih dalam penyelidikan.

“Masih dalam penyelidikan, kami masih melakukan pengecekan dilokasi,” ungkap Sulkhan saat di lokasi kebakaran.

Beruntung saat kebakaran cuaca dalam kondisi hujan sehingga api cepat dipadamkan. (MJ-303)

4 KOMENTAR

Comments are closed.