GROBOGAN, Mediajateng.net- Program yang diprakasai Kementerian Pemuda dan Olahraga RI yakni Gala Desa. Program ini diselenggarakan di 136 Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia. Salah satunya di Kabupaten Grobogan.

Senin (12/11/2018), pembukaan Gala Desa Kabupaten Grobogan dipusatkan di Alun-alun Purwodadi. Pembukaan langsung dilakukan Sekda Grobogan, Moh Soemarsono yang dihadiri sejumlah pejabat Forkopimda Kabupaten Grobogan. Di kesempatan itu juga hadir, ketua komisi X DPR RI, Djoko Udjianto.

Dalam sambutannya, Moh Soemarsono mengatakan gala desa ditujukan untuk mencari bibit-bibit atlet di daerah.

“Juga menjadi media untuk memupuk rasa persaudaraan sesama pemuda antardesa. Kita mengucapkan terima kasih karena menjadi salah satu daerah yang terpilih untuk menyelenggarakan Gala Desa,” katanya.

Sebanyak empat cabang olahraga yang dipertandingkan di Gala Desa ini. Yakni, bola voli di GOR Simpanglima, sepak takraw dan atletik di alun-alun, serta tenis meja di aula Klenteng Hok An Bio.

Pelaksanaan gala desa ini dilakukan selama satu bulan dengan sistem kompetisi. Ditambahkan Moh Soemarsono, adanya gala desa, anak muda tidak sibuk dengan media gadget dan terhindar dari kegiatan yang terlarang.

”Adanya Gala Desa, menjadikan anak muda tidak sibuk dengan gadget atau kegiatan yang tidak bermanfaat. Kami juga mengajak semua pihak untuk ikut menyukseskan gerakan masyarakat sehat dengan program gemar olahraga secara rutin,” tambah Soemarsono.

Terpisah, Ketua Komisi X DPR RI Djoko Ujianto ikut memberikan apresiasi dan dukungan kejuaraan Gala Desa di Kabupaten Grobogan. Dinilai Djoko, selama ini, sudah terbukti ada atlet nasional yang lahir dari Kabupaten Grobogan.

”Kabupaten Grobogan punya banyak potensi atlet dari berbagai cabang olahraga. Di sini juga ada api Abadi Mrapen yang dipakai sebagai spirit Asian Games dan Asian Paragames,” pungkas Djoko. (Ag-Mj)