Semarang,Mediajateng.net – Calon Walikota dan Wakil Walikota Semarang terpilih, Hendrar Prihadi (Hendi) – Hevearita Gunaryati (Ita), bakal dilantik di Istana Negara. Kepastian itu didapatkan dari hasil konsultasi DPRD Kota Semarang ke Kementrian Dalam Negeri minggu lalu.
Menurut Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi, Kemendagri dan Sekretariat Kabinet sudah memberikan kepastian calon wali kota dan wakil wali kota Semarang terpilih bisa dilantik pada 25 Februari 2016.
“Minggu lalu, kami sudah berkonsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri mengenai pelantikan calon kepala daerah terpilih. Direncanakan pelantikan Hendi – Ita di Istana Negara bersamaan dengan calon kepala daerah terpilih lainnya,” ujarnya saat ditemui di kantornya belum lama ini.
Supriyadi menjelaskan, rencananya pelantikan calon kepala daerah terpilih akan dibagi dalam tiga gelombang, yakni akhir Februari, April, dan Juni 2016. Untuk Semarang, akhir Februari 2016.
Sesuai dengan arahan Presiden sebagaimana disampaikan Mendagri, kata dia, pelantikan secara serentak di Istana Negara itu memang dimaksudkan untuk memaksimalkan fungsi koordinasi dari daerah ke pusat.
Dengan dilantik di Istana Negara, Supriyadi mengatakan fungsi koordinasi antara kabupaten/kota, provinsi, dan pusat akan terbangun sebagai satu kesatuan dalam mewujudkan pembangunan nasional.
“Makanya, kami sangat menyepakati dan mengapresiasi jika calon wali kota dan wakil wali kota terpilih bisa dilantik di Istana Negara bersama dengan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih,” katanya.
Selama ini, ia mengakui terkadang ada ketidaksinkronan antara kebijakan daerah dengan pusat, salah satunya adanya peraturan daerah (perda) yang tidak sesuai dengan kebijakan pusat.
“Dengan dilantik serentak di Istana Negara, fungsi koordinasi daerah dan pusat sebagai satu kesatuan akan benar-benar terjalin erat. Semangatnya sangat bagus makanya kami sangat mendukung,” katanya(M.J090)

1 KOMENTAR

Comments are closed.