KENDAL, Mediajateng.net, – Setelah diresmikan sebagai destinasi wisata baru sejak setahun yang lalu, Kampung Ragam Warna yang terletak di Dusun Mraggen, Desa Kutaharjo, Kaliwungu terus dihidupkan oleh berbagai kegiatan. Seperti kegiatan Festival Drumblek yang diselenggarakan pada Minggu, (27/10).

Dengan dukungan program CSR dari Pacific Paint, kegiatan tahunan yang rutin diselenggarakan ini mendapat antusias tinggi dari masyarakat setempat. Hal itu terlihat dari banyaknya pengunjung yang memadati panggung seni tempat diselenggarakan festival tersebut.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin, Bupati Kendal Mirna Annisa dan Direktur Pacific Paint, Suryanto Tjokrosantoso.

Mirna Annisa mengatakan, Festival Drumblek merupakan salah satu kesenian favorit di Kampung Ragam Warna berupa seni tabuh yang menggunakan alat musik drum terbuat dari seng, plastic, kentongan bamboo maupun barang lain di sekitar lingkungan.

“Festival ini berawal dari semangat gotong royong maupun kegiatan seni warga. Dan kegiatan ini pula dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif masyarakat serta mendukung program Pemprov Jateng untuk menumbuhkan desa wisata,” ujarnya dalam sambutan.

Mirna Annisa berharap dengan adanya Festival Drumblek, warga yang tinggal di Kampung Ragam Warna bisa merawat keindahan, kebersihan lingkungan dan kesenian yang menjadi daya tarik destinasi wisata tersebut.

Usai memberi sambutan sekaligus membuka acara, Mirna Annisa didampingi para tamu undangan dan warga berkeliling di sejumlah sudut kampung. Sesekali berdialog dengan warga untuk memberikan semangat agar Kampung Ragam Warna semakin menarik dikunjungi.

“Kami bangga warga terus berkreasi. Warna warni cat dinding menghiasi setiap sudut kampung.  Tidak hanya permainan warna, saya juga lihat semakin banyak gambar-gambar yang menarik dan lucu sehingga nyaman dan enak dipandang mata. Ditambah lagi banyak hiasan payung kertas,” kesannya usai berkeliling.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pacific Paint Suryanto Tjokrosantoso mengatakan, Festival Drumblek kali ini lebih meriah. Hal ini terlihat dari antusias warga yang berbondong-bondong untuk menyaksikan pawai dan pentas seni sekitar 20 grup yang mengikuti festival.

“Tahun 2018 saya kesini biasa saja. Sekarang lebih meriah dan kampungnya makin menarik untuk dikunjungi. Warganya juga kreatif,” ujarnya.

Pacific Paint sebagai perusahaan yang telah memberikan warna-warni baru untuk warga di Kampung Ragam Warna, Suryanto Tjokrosantoso berharap segala dukungan yang telah diberikan, bisa dimanfaatkan warga dengan baik.

“Terutama dalam mengembangkan toleransi, kerjasama, kearifan lokal serta menjadikan suasana kebersamaan seluruh warga terutama generasi muda penerus bangsa,” katanya.

Salah satu warga setempat, Anto mengatakan, sejak kampungnya menjadi salah satu tujuan wisata, banyak pengunjung dari daerah lain ingin menikmati keindahan Kampung Ragam Warna. Mereka berkeliling kampung dan berdialog dengan warga. Aktivitas berswafoto banyak dilakukan para pengunjung hampir ditiap sudut kampung yang dipenuhi dengan dinding warna-warni dan gambar yang menarik.

“Saya senang kampungnya jadi ramai. Para pemuda juga ikut melestarikan seni budaya. Kompak warganya. Dan para pengunjung juga dimanjakan dengan banyak spot menarik untuk foto-foto,” katanya.

Seperti diketahui, Festival Drumblek di Kampung Mranggen atau kini dikenal dengan “Kampung Ragam Warna” ini dilaksanakan pada 27 sampai 28 Oktober 2018. Tak hanya acara perhelatan drumblek saja, namun kegiatan ini juga diikuti dengan kirab atau pawai di sepanjang jalan di Kawasan Kampung Mranggen.

Selain itu, rangkaian kegiatan yang mengiringinya adalah Foto Contest. Peserta foto contest itu mengambil objek foto Festival Drumblek, pawai, maupun sudut lain di Kampung Ragam Warna. Tak kalah serunya, Festival Drumblek Kampung Ragam Warna 2018 tersebut juga digelar lomba lukis payung. Selain itu, diadakan pula lomba lukis caping, topi yang biasanya digunakan petani untuk ke sawah. Lomba ini terlihat begitu ramai diikuti peserta. (ot/mj)