SEMARANG, Mediajateng.net – Pemerintah didorong untuk memanfaatkan sistem e-katalog dalam setiap pengadaan barang maupun jasa. Diyakini sistem tersebut mampu menunjang penerapan keterbukaan informasi yang sedang digalakkan oleh pemerintah.
Kepala LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) Agus Prabowo mengungkapkan bahwa dengan pemanfaatan e-katalog segala kegiatan pembelanjaan pemerintah akan lebih cepat dan efisien. Terlebih pihaknya telah menggandeng Bhinneka.com. “Dengan e-katalog, pembelian barang/hasa bisa dilakukan secara cepat, pemerintah daerah melalui satuan kerja hanya tinggal login dan membeli memelalui website e-katalog.lkpp.go.id,” katanya kemarin.
Selain itu, Agus juga menyampaikan bahwa dengan menggunakan e-katalog LKPP, mekanisme pengadaan barang lebih mudah karena tidak melalui tender dan tidak ada batasan nilai pembelian. Dengan harga dan spesifisikasi yang terbuka masyarakat bisa melihat dan mengontrol. “Bisa dibandigkan dengan barang yang sama melalui tender untuk harganya, pilihan produk pun lebih variatif dan bisa membeli produk sesuai kebutuhan, sistem pangawasannya pun terbuka dan tentunya transparan,” jelasnya.
Corporate VP Bhinneka.com, Heriyadi Janwar menjelaskan bahwa Bhinneka mendukung akuntabilitas kinerja pemerintah daerah melalui Satuan Kerja Perangkat Daerahdalam berbelanja. Dengan penerapan pajak sudah termasuk dalam harga yang diterapkan, akuntabilitas dan pengehematan pengeluaran pemerintah akan lebih terjamin. “Kami juga memberikan harga khusus dalam katalog, selain itu ada juga jaminan garansi dan servis. Tiga brand pun digandeng yakni HP, Lenovo dan RedHat digandeng untuk memberikan product knowledge bagi pemerintah atau satuan kerja sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan,” bebernya.
Ia menjelaskan jika peran dari Bhinneka.com dalam sistem e-katalog LKPP sendiri untuk mempercepat akselarasi produk/jasa yang akan digunakan pemerintah. ” Saat ini sudah ada 31 ribu produk yang ada di e-katalog LKPP dan siap diakses,” kata dia. (MJ-069)

1 KOMENTAR

  1. I am going to straight away learn ones rss feed once i are unable to in discovering your mail membership web page link or e-newsletter services. Perform you have every? You need to permit me personally recognize so I could register. Cheers.. video youtube indonesia

Comments are closed.