GROBOGAN, Mediajateng.net – Potensi wisata Kabupaten Grobogan terus meningkat beberapa tahun terakhir ini.

Setelah sebelumnya, para penggiat wisata di wilayah ini membangkitkan tempat-tempat wisata yang belum tersentuh masyarakat luar Grobogan, kini ada dua tempat wisata yang sudah layak dijual. Yakni Goa Lawa dan Goa Macan.

Kedua tempat wisata yang sama-sama berlokasi di Desa Sedayu itu telah direnovasi untuk menarik minat pengunjung wisata.

Diantaranya, keindahan stalagtit dan stalagmite yang dipadu dengan lampu berwarna-warni.

Perubahan besar tersebut diakui Bupati Grobogan, Sri Sumarni saat kunjungannya ke tempat wisata tersebut, Jumat (1/2/2019).

Menurut orang nomor satu di Grobogan ini, kedua goa ini tidak kalah dengan Goa Gong yang terletak di Pacitan, Jawa Timur. Dalam kunjungannya ini, Sri Sumarni tidak berhenti memuji beberapa perubahan di bagian dalam gua tersebut.

“Tadi saya dan Pak Sekda (Moh Soemarsono-red) dan beberapa OPD masuk ke dalam goa. Interiornya sudah cantik dan tidak kalah dengan Goa Gong yang ada di Pacitan. Saya rasa, ini sudah patut untuk dijual,” ungkap ibu dari Indri Velawati ini.

Mantan ketua DPRD Kabupaten Grobogan ini juga meminta kepada pengelola goa tersebut agar lebih aktif untuk memperkenalkan kedua tempat wisata tersebut.

Contohnya dengan mengajak anak-anak muda yang kreatif untuk menghidupkan destinasi tersebut, seperti diadakan even-even yang dapat menarik minat para pengunjung.

“Ini ‘kan anak-anak muda yang bisa diajak kerja sama. Kita ajak mereka duduk bersama untuk meramaikan Goa Lawa dan Goa Macan ini,” katanya.

Pihaknya juga meminta perbaikan infrastruktur, sarana dan prasarana untuk diperhatikan pengelola. Terutama, akses jalan yang sempit menuju tempat wisata yang berada di Pegunungan Kendeng ini. Menurutnya, instansi terkait perlu segera menindaklanjuti.

“Jalan menuju goa tadi ‘kan jalan desa. Solusinya harus diajukan menjadi jalan kabupaten. Di samping itu, jalan dalam goa juga secepatnya harus diperbaiki karena licin dan kalau perlu ada pegangannya biar pengunjung tidak terpeleset,” tambahnya.

Dengan adanya tambahan baru di kedua destinasi wisata tersebut, Sri Sumarni berharap semakin banyak minat pengunjung datang ke sana dan memberikan manfaat bagi warga sekitar.

“Kalau ramai, warga ‘kan bisa jualan apa saja, jadi perekonomian juga akan terangkat. Karena itu, potensi pariwisata Goa Lawa dan Goa Macan ini perlu digenjot lebih lagi,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Grobogan Nur Nawanta mengaku senang adanya kunjungan Sri Sumarni beserta jajarannya. Terlebih dengan rencana Pemkab terkait perbaikan jalan menuju Goa Lawa dan Goa Macan.

Menurutnya, rencana tersebut merupakan penantian yang diharapkan para warga.

“Warga desa akan merasa senang dengan adanya rencana perbaikan akses ke Goa Lawa ini karena jalan yang sebelumnya menjadi jalan desa akan dialihkan menjadi jalan kabupaten. Apalagi wisata pendukung juga sudah siap seperti agrowisata dan air terjun gulingan,” kata Nawanta, sapaan akrabnya. (Ag-Mj)