Purbalingga – mediajateng.net

Dua orang pelaku pencurian dengan pemberatan di Toko Sembako Laris yang beralamat di Jalan Panjaitan nomor 9, Kelurahan Purbalingga Kulon, Kecamatan/Kabupaten Purbalingga akhirnya berhasil diamankan Polsek Purbalingga.

Kapolsek Purbalingga, AKP Riyatnadi saat memberikan keterangan, Jumat (7/7) mengatakan, peristiwa pencurian tersebut terjadi pada Selasa, (27/6) lalu. Korban adalah pemilik toko bernama Yindarwati (69) yang merasa kehilangan uang yang disimpan di lemari sebanyak Rp. 7,4 juta.

Korban mencurigai pelaku pencurian adalah karyawan toko miliknya. Karena, sebelum kejadian ia sempat menyuruh dua karyawan toko untuk membersihkan kamar. Setelah membersihkan kamar korban belum curiga hingga saat mengecek uang yang ada di lemari sudah tidak ada. Akhirnya korban melapor ke Polsek Purbalingga.

“Berdasarkan laporan tersebut, petugas Polsek bergerak cepat untuk mengungkap kasusnya. Petugas akhirnya berhasil mengamankan dua orang yang diduga sebagai pelakunya,” ucap kapolsek.

Dua orang yang berhasil diamankan yaitu DS (19) seorang laki-laki warga Desa Kalitinggar, Kecamatan Padamara dan AIP (23) perempuan warga Kelurahan Purbalingga Wetan, Kecamatan/Kabupaten Purbalingga. DS diamankan terlebih dahulu pada Rabu (28/6/). Sementara itu AIP yang sempat kabur dari kejaran polisi, akhirnya berhasil diamankan di rumahnya saat pulang pada Rabu (5/7).

Dari tersangka DS, petugas berhasil mengamankan barang bukti uang tunai sebesar Rp. 2,1 juta. Sedangkan tersangka AIP mengaku uang yang diambilnya sudah habis untuk membayar hutang serta digunakan untuk jalan-jalan ke Jakarta.

Kedua tersangka sudah diamankan beserta barang buktinya. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya mereka dikenakan Pasal 363 ayat (1) ke 4e dan 5e KUHP subs Pasal 362 KUHP. (MJ-303)