SEMARANG, Mediajateng.net, – Universitas Semarang (USM) melalui Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) bekerjasama dengan Emtek yang membawahi SCTV, Indosiar, dan SCM menggelar Sharing About Presenter & Jurnalistik, Selasa 22 Oktober 2019 di Gedung V lantai 6 USM.

Acara yang merupakan rangkaian kegiatan Emtek Goes To Campus (EGTC) 2019 di kampus Unnes esok hari 23-24 Oktober , sengaja di gelar untuk memberikan tips, trik, dan pengalaman dari presenter dan reporter yang ahli di bidangnya.

Mendatangkan 2 presenter andalan Emtek, yaitu David Rizal dari SCTV dan Sheila Purnama dari Indosiar, acara ini berlangsung sangat meriah.

“Satu yang harus kalian ingat, bahwa nervous atau grogi adalah hal yang wajar dan biasa terjadi ketika menjadi presenter, oleh karena itu sangat penting untuk memiliki keahlian public speaking, meskipun public speaking bukan hanya dibutuhkan seorang presenter” kata Sheila dalam sesi sharing.

Sementara, David memberikan banyak pengalaman selama menjadi presenter dan reporter selama 7 tahun ini.

“Saya itu, sering sekali dikirim sebagai reporter ketika sedang ada bencana alam, ketika saat saat tersebut, saya yang petakilan harus bisa memposisikan diri jg, berempati dengan korban di sekitar yang sedang terkena bencana, jadi ekspresi wajah saya juga harus di jaga.” Kata David.

Irnawati K Kahardja, Head of Corporate Communication SCTV-Indosiar-SCM, mengatakan kegiatan ini dimaksudkan mengajak mahasiswa untuk sharing informasi mengenai dunia kerja dan mengenalkan digital.

“Kami mengenalkan bagaimana menghadapi dunia kerja, dunia televisi dan digital serta memberi motivasi kepada mahasiswa, Selain workshop, Emtek juga menggelar News Presenter Competition di hari pertama. Tujuan kegiatan ini untuk menjaring generasi muda yang berbakat di dunia presenter.”

Sementara, hari kedua dan ketiga nanti sejumlah tokoh inspiratif akan hadir untuk berbagi wawasan kepada para peserta.” Ucap Irna di hadapan mahasiswa USM

Mereka diantaranya adalah Muhammad Fajrin Rasyid (Co-founder & Presiden at Bukalapak.com), Ernest Prakasa (Creativepreneur), David Rizal (News Anchor), Sheila Purnama (News Anchor) dan penampilan dari Virgoun juga Reza Dangdut Academy 2.

Tak hanya itu, mahasiswa USM dan peserta di Sharing About Presenter & Jurnalistik ini diberikan kesempatan untuk audisi terlebih dahulu untuk mengikuti News Presenter Competition dan yang beruntung mendapatkan Golden Ticket untuk maju langsung di semifinal.

Dipandu langsung oleh David Rizal dan Sheila Purnama, mahasiswa ditantang untuk menyiapkan materi dan berlaga di depan mereka.

“Silahkan tim presenter ke sisi kanan, dan tim live report ke sisi kiri saya. Silahkan menampilkan yang terbaik dan akan langsung kami pilih berdua untuk langsung menuju semifinal besok di Unnes.” Seru David.

Hingga akhirnya setelah perform satu per satu diputuskan ada 4 yang mendapatkan golden tiket dan langsung menuju ke semifinal, mereka adalah Viony Dea Ilmu Komunikasi USM, Febrianto Wahyu Ilmu Komunikasi USM, kemudian dua orang lagi dari Uniss Kendal, dan Unaki Semarang.

Viony mengaku senang karena mendapatkan golden tiket langsung dari David Rizal dan Sheila Purnama.

“Meskipun nervous dan dadakan, senang sekali akhirnya mendapatkan Golden Ticket dari kak David an Kak Sheila, yang pasti semoga besok bisa tampil lebih baik dan prima lagi di News Presenter Competition EGTC 2019.” Kata Viony. (ot/mj)