PATI – mediajateng.net

Insiden kebakran terjadi dua kali di kawasan Demaga Juwana, Kabupaten Pati. Kebakaran pada 2 Juni 2017, lima kapal motor ludes terbakar, sedang, kebakaran yang terjadi Sabtu (15/7) insiden kebakaran yang kembali menimpa kapal mengakibatkan kerugian jauh lebih besar.

Sebanyak 14 kapal motor baik kapal milik nelayan maupun milik pribadi yang sedang di parkir di kawasan pelabuhan terpatnya di dermaga alur sungai Silugonggo, Desa Bakaran, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Djarod Padakova, dihubungi melalui telepon menjelaskan kebakaran yang terjadi siang hingga sore hari mengakibatkan sedikitnya 14 kapal milik nelayan tradisional ludes terbakar.

“Kebakaran di alur sungai Silugonggo Desa Bakaran, Kecamatan Juwana, terjadi sekitar pukul 12.45. Indo dari Kapolres Pati, saat ini api masih membakar dan tim gabungan berusaha melakukan pemadaman api. Situasi di lokasi, masih kondusif, anggota Polsek Juwana, Sat Polair Polres Pati dan Dalmas Polres Pati sedang bersama warga nelayan membantu memadamkan api,” ungkap Kabid Humas.

Insiden kebakaran yang kedua kali ini, mengakibatkan kerugian material jauh lebih banyak, dimana, belasan kapal terbakar dan bahkan mengakibatkan korban luka. “Tim dilapangan baru melakukan proses pemadaman api, baru setelah padam dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” tambah Kabid Humas.

Terkait penyebab kebakaran, hingga saat ini belum diketahui secara pasti, namun dugaan sementara akibat pengerjaan pengelasan yang dilakukan nelayan dikawasan kapal diparkir.

“Insiden sekitar satu bulan lalu ada 5 kapal motor hasil penelusuran dilapangan dan keterangan saksi dugaan sementara kebakaran karena adanya proses pengelasan tidak jauh dari lokasi kebakaran. Belum ada tersangka dan masih proses lidik,” imbuhnya.

Kebakaran pertama menimpa lima kapal di wilayah perairan yang selama ini dikenal sebagai penyuplai ikan di wilayah Jawa Tengah. Insiden kebakaran terjadi pada 2 Juni 2017 lalu. Kapal yang sedang bersandar tiba-tiba terkabar. Namun, petugas berhasil memadamkan api sebelum meluas. “Penyebab kebakaran diduga akibat dari pengelasan di salahsatu KM,” imbuh Kabid Humas.

Sedang,tiga orang mengalami luka bakar yakni, Edi Siswanto (28) dan Karbani (45) warga Trimulyo karena luka bakar serius langsung dirujuk ke RS Kariyadi, Kota Semarang . Sedang, Supardi (48) warga Bajomulyo, Pati saat dirawat di RS Budi Agung Juwana.

 

Dari data sementara 14 Kapal Motor 12 sudah teridentifikasi sedang dua lainnya belum diketahui pemiliknya.

 

  1.   Kapal Motor milikSumarno.
  2.   Kapal Motor milik Rafindo (Wakil Bupati terpilih)
  3.   Kapal Motor milik  Bagong.
  4.   Kapal Motor  milik parik rokok Sukun
  5.   Kapal Motor milik nelayan asal Ngemplak, Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati
  6.   Kapal Motor milik PT Putra Leo
  7.   Kapal Motor milik PT Putra Leo
  8.   Kapal Motor penampung
  9.   Kapal Motor cantrang
  10. Kapal Motor milik H Umar asal Desa Bendar, Kecamatan Juwana
  11. Kapal Motor milik Kades Bendar Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati.
  12. Kapal Motor milik H Tomo
  13. Belum terindentifikasi.
  14. Belum teridentifikasi. (MJ-505)