DPRD Grobogan Sepakati Perubahan KUA dan PPAS*

GROBOGAN, Mediajateng.net – DPRD Kabupaten Grobogan sepakat adanya Perubahan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Kabupaten Grobogan tahun anggaran 2018.

Kesepakatan tersebut telah disetujui, Jumat (20/7/2018) dengan pengesahan Rancangan Perubahan KUA-PPAS yang ditandatangani Bupati Grobogan Hj Sri Sumarni, Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto dan Wakil Ketua DPRD Grobogan M Nurwibowo usai rapat paripurna.
Bupati Sri Sumarni mengungkapkan rasa syukurnya karena KUA-PPAS telah disahkan.

’’Alhamdulillah, hari ini KUA PPAS sudah ditandatangani. Kami dan DPRD telah menyepakati bersama. Saya ucapkan terimakasih pada anggota Dewan karena prosesnya berjalan lancar dan tidak ada hambatan,’’ kata Sri Sumarni.

Dijelaskan orang nomor satu di Kabupaten Grobogan ini, Sri menjelaskan secara ringkas rincian Perubahan KUA-PPAS APBD Grobogan TA 2018. Yakni pendapatan daerah sebesar Rp 2,446 triliun, belanja daerah sebesar Rp 2,533 triliun. Kemudian, defisit anggaran sebesar minus Rp 66,941 miliar.

’’Pembiayaan netto surplus sebesar Rp 66,941 miliar. Dengan begitu, defisit anggaran setelah pembiayaan netto menjadi Rp 0,’’ katanya.

Dijelaskan juga, perubahan KUA-PPAS tersebut menampung penghitungan ulang terhadap kebutuhan gaji PNS daerah dan tambahan penghasilan. Kemudian, melanjutkan kegiatan sesuai sasaran kebijakan umum APBD 2018 yang belum terbiayai dalam penetapan APBD.

Di samping itu, perubahan KUA-PPAS juga menampung penyesuaian kegiatan yang dananya bersumber dari dana alokasi khusus (DAK), sisa DAK, dana bagi hasil cukai dan hasil tembakau (DBHCHT), serta bantuan Gubernur Jawa Tengah TA 2018.

’’Serta kebijakan-kebijakan lainnya, dalam rangka mendukung pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat,’’ tambahnya.

Usai ditandatanganinya nota kesepakatan perubahan KUA-PPAS APBD Kabupaten Grobogan TA 2018, pemerintah segera melaksanakan tahap berikutnya yakni penyusunan perubahan APBD TA 2018.
’’Dengan harapan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2018 dapat terselesaikan paling lambat pada minggu ke-2 pada September 2018,’’ pungkasnya. (Ag-MJ)