SEMARANG, Mediajateng.net – Ketua Pembina/Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof Dr Muladi SH menyampaikan pesan kepada seluruh dosen di lingkungan Universitas Semarang (USM) untuk terbiasa membudayakan kegiatan menulis dan melakukan penelitian. Dirinya meminta agar dosen tidak hanya melakukan aktivitas tugasnya yakni mengajar.

Demikian ditegaskan Prof Dr Muladi saat memberikan sambutan dalam pelantikan tiga Staf Ahli Yayasan Alumni Undip di Kampus USM, Kamis (7/12). Ketiganya yang dilantik yakni Prof Abdulah Kelib SH sebagai Staf Ahli Bidang Pendidikan, Prof Dr Miyasto SU sebagai Staf Ahli Bidang Administrasi dan Keuangan, serta Ir Soeharsojo sebagai Staf Ahli Bidang Pembangunan .

Muladi melanjutkan, budaya menulis dan melakukan penelitian ini sesuai dengan tugas dosen seperti yang termuat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi dan tanggungjawabnya, serta merupakan amanah dari Kemenristek Dikti.

Prof Muladi kembali menegaskan, kebiasaan budaya menulis selama ini juga diterapkan di semua universitas di Indonesia. Seorang dosen harus inovatif dan kreatif khususnya terkait pengabdian masyarakatnya.

“Kita harus selalu menjaga kebaikan ini di luar universitas agar nama USM bersama dosennya tetap dikenal kualitasnya,” urainya.

Hal senada juga disampaikan Rektor USM, Andy Kridasusila SE MM, bahwa Universitas Semarang dalam pengenalan ke masyarakat agar terus dikenal harus mempertahankan kuliah kerja nyata (KKN) yang merupakan bagian dari promosi kampus.

”KKN kita terus dilakukan sampai ke pelosok desa agar bisa semakin memperluas pangsa pasar. Ini harus dipertahankan hingga kedepannya,” pungkasnya.

Selain pelantikan staf ahli Yayasan Alumni Undip, bersamaan pula dilakukan penyerahan SK Akreditasi ke masing-masing dekan, di antaranya D3 Manajemen Perusahaan yang memperoleh akreditasi A, kemudian penyerahan SK Prodi Teknologi Informasi dari akreditasi C ke A, dan penyerahan SK Akreditasi B Magister Ilmu Hukum.