DEMAK, Mediajateng.net – Ditengah kesibukannya melaksanakan Operasi Lilin Candi 2018, jajaran Polres Demak masih menyempatkan diri menggelar shalat ghaib di Masjid Agung Demak, Selasa (25/12/2018).

Shalat ghaib yang di pimpin oleh KH. M Asyiq tersebut ditujukan bagi korban tsunami Selat Sunda yang menerjang wilayah Banten dan Lampung yang mengakibatkan ratusan nyawa melayang dan kehilangan harta benda.

Seusai shalat ghaib, dilanjutkan dengan doa bersama. Tak sedikit Korps Bhayangkara itu yang menitikan air mata saat melantunkan ayat – ayat Tuhan , sebagai tanda belasungkawa atas musibah tsunami tersebut.

“Kami mewakili segenap jajaran Polres Demak menyampaikan duka cita yang mendalam kepada seluruh masyarakat di Banten dan Lampung atas musibah yang melanda Kabupaten Serang, Pandeglang, serta Lampung Selatan, Tanggamus dan Pesawaran,” kata Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar.

“Semoga amal dan ibadah saudara kita yang menjadi korban gempa dan tsunami diterima di sisi Allah Ta’ala dan meninggalnya pun dalam keadaan husnul khatimah. Kepada korban yang selamat agar diberi ketabahan dalam menghadapi musibah ini,” lanjutnya.

Kapolres Bahtiar menambahkan, pelaksanaan shalat ghaib juga merupakan kewajiban umat Islam untuk mendoakan dan menyalatkan jenazah yang tidak diketahui keberadaannya.

“Kita semua berduka. Indonesia berduka. Sebagai saudara sebangsa dan setanah air, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk mendoakan saudara kita yang ditimpa musibah,” ungkapnya.

Kepada masyarakat, AKBP Bahtiar berpesan agar tidak mudah mempercayai berita yang menyesatkan dan ikut menyebarkan berita hoaks seputar tragedi tsunami itu.

“Kami minta masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu menyesatkan terkait Tsunami Selat Sunda,” pintanya.

Rencanya, pihaknya akan menggalang dana dari para personil Polres Demak untuk disalurkan kepada para korban tsunami Selat Sunda, yang masih banyak membutuhkan bantuan.

“Dari hasil donasi yang terkumpul, nantinya akan kami salurkan kepada korban, semoga bantuan dari kami dapat meringankan beban mereka,” pungkasnya.