DLH Kembali Gelar Lomba Bank Sampah Tahun 2024, Total Hadiah Puluhan Juta Rupiah

Media Jateng, Semarang, – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang kembali menggelar lomba Bank Sampah di tahun 2024. Lomba ini termasuk dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Para peserta lomba adalah perwakilan Bank Sampah dari 16 kecamatan di Kota Semarang. Namun bagi Bank Sampah yang telah mendapatkan juara pada periode sebelumnya, tidak diperkenankan mengikuti lomba ini.

Menurut Kabid Pengawasan dan Pemberdayaan Lingkungan DLH Kota Semarang, Arry Susilo Wardhani, ST, GradCertEnv, MClimChn, selain sebagai upaya pembinaan, tujuan dari lomba ini adalah untuk mendorong perkembangan kuantitas dan kualitas Bank Sampah, serta untuk memberikan apresiasi bagi Bank Sampah yang menunjukkan kinerja terbaik.

“Sedangkan untuk kriteria yang menjadi penilaian antara lain, keaktifan pengurus dan nasabah, fasilitas, tata kelola, partisipasi dan pemberdayaan masyarakat, kemitraan dan inovasi Bank Sampah,” katanya membeberkan.

Arry menambahkan, untuk pendaftaran lomba dimulai sejak 26 April sampai dengan 10 Mei 2024. Tim juri telah melakukan seleksi lapangan dari 20 Mei sampai dengan 27 Mei 2024.

‘Untuk pengumuman para pemenang menunggu informasi lebih lanjut. Perubahan jadwal akan diberitahukan melalui group WhatsApp,” tambahnya.

Lebih lanjut Arry menambahkan, para pemenang berhak mendapatkan penghargaan berupa piagam dan sejumlah uang tunai sebagai kompensasi pengalihan hak publikasi.

Rinciannya adalah Juara 1 mendapat uang tunai Rp 10 juta, Juara 2 sebeaar Rp 8,5 juta, Juara 3 mendapat Rp 7 juta.

“Untuk Juara Harapan 1 mendapat uang tunai sebesar Rp 6 juta, Juara Harapan 2 mendapat Rp 5,5 juta dan Juara Harapan 3 mendapat uang tunai Rp 4 juta,” jelasnya.

Ia juga berharap dengan digelarnya lomba ini di setiap tahunnya, akan meningkatkan peran masyarakat dalam pengelolaan sampah melalui Bank Sampah.

“Dan dengan adanya lomba ini secara otomatis akan menambah jumlah Bank Sampah yang ada di Kota Semarang,” pungkasnya.

Sebagai informasi, hingga kini sudah ada sebanyak 497 Bank Sampah yang terdaftar dan menjadi binaan DLH Kota Semarang. ( ot/mj)