GROBOGAN, Mediajateng.net – Usai pengambilan Api Asian Games ke XVII yang dipusatkan di sumber Api Abadi Mrapen, akan dilakukan perarakan ke 18 provinsi di Indonesia.

Bersama dengan Obor Api yang dibawa dari negara India, Obor Api Mrapen ini akan mengelilingi Indonesia dimulai dari Provinsi DIY, Provinsi Jawa Timur (Blitar Kepanjen-Malang-Bromo-Probolinggo-Situbondo-Bondowoso-Banyuwangi), Provinsi NTB (Mataram), Provinsi Papua Barat (Sorong-Raja Ampat).

Setelah itu api akan diarak di Provinsi Sulawesi Selatan (Makassar-Tanjung Bira), Kalimantan Selatan (Banjarmasin), Provinsi NAD (Aceh), Sumatera Utara (Danau Toba), Provinsi Kepulauan Riau (Pekanbaru), Provinsi Sumatera Selatan (Palembang, Banyuasin, Prabumulih, JSC, dan Ogan Ilir), Provinsi Lampung, Provinsi Banten (Serang), Provinsi Jawa Barat (Purwakarta, Garut, Bandung, Bogor) dan DKI Jakarta (Stadion Utama Gelora Bung Karno).

Obor ini dibawa secara estafet mulai tanggal 18 Juli 2018 dan berakhir pada tanggal 18 Agustus 2018).

Hal tersebut diungkapkan langsung Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani dalam sambutannya saat pengambilan Api Asian Games di kompleks Api Abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan. Menurutnya, dalam pesta olahraga se Asia ini diikuti 45 negara sebagai peserta dengan jumlah 16.000 orang.

Sementara itu, anggota komisi X DPR RI Djoko Udjianto berharap penyelenggaraan Asian Games 2018 ini berjalan sukses.

“Sukses administrasi yang secara langsung ikut memajukan perekonomian rakyat dan juga bisa menjadi tuan rumah yang baik,” katanya.

Pria yang terpilih sebagai wakil rakyat dari Partai Demokrat ini mengungkapkan penyelenggaraan event olahraga Internasional se Asia ini diharapkan dapat berjalan lancar. Pihaknya menyatakan ikut mensukseskan dan mendoakan agar berjalan lancar.

“Penyelenggaraannya harus sukses dan Indonesia juga harus sukses prestasi yaitu masuk 10 besar,” paparnya (Ag-MJ)