GROBOGAN, Mediajateng.net –  Dinas Komunikasi dan Informatika ((Diskominfo) Kabupaten Grobogan membentuk Kelompok Informasi Masyarakat atau yang akrab disebut KIM di beberapa desa yang ada di Kabupaten Grobogan. Satu dari ratusan desa yang ada di Kabupaten Grobogan, desa Ngeluk yang berada di kecamatan Penawangan juga ikut dibentuk KIM.

Bertempat di Balai Desa Ngeluk, pembentukan KIM ini dihadiri kepala desa setempat, Suyoto beserta perangkat kerjanya. Selain itu juga dihadiri pejabat Diskominfo terkait pembentukan KIM ini.
Dalam sambutannya, kepala desa Ngeluk, Suyoto menerangkan terbentuknya KIM ini diharapkan dapat mengangkat potensi yang ada di desa tersebut.

“Saya berharap setelah terbentuk KIM di desa Ngeluk ini, nantinya dapat dipergunakan untuk mengangkat potensi yang ada di desa ini. Dengan harapan nilai perekonomian masyarakat di daerah ini dapat bertambah,” katanya.

Suyoto menambahkan, banyak sekali potensi yang bernilai ekonomi di desanya.

“Di desa Ngeluk sini ‘kan ada industri kecil pembuatan contong es. Nanti KIM desa Ngeluk bisa memperkenalkannya lewat media milik KIM desa Ngeluk. Jadi harapannya, masyarakat luas dapat mengetahui kalau di Kabupaten Grobogan ini ada industri contong es krim yaitu di Ngeluk. Apalagi jika masyarakat membutuhkan contong es bisa membeli disini”, ungkapnya.

Pihaknya juga berharap, adanya KIM desa Ngeluk ini dapat memperkenalkan kepada masyarakat untuk memilah mana berita yang positif dan mana yang bersifat tidak layak menjadi konsumsi publik.

“Saat ini banyak informasi yang kurang pas beredar dimasyarakat, semoga dengan terbentuknya KIM desa Ngeluk bisa menangkal berita yang kurang pas atau tidak benar,” imbuh Suyoto.

Sementara itu perwakilan Diskominfo Kabupaten Grobogan, Herlina mengatakan KIM Desa Ngeluk nantinya akan difungsikan sebagai KIM percontohan di kecamatan Penawangan.

“KIM Desa Ngeluk ini nanti dapat digunakan sebagai KIM percontohan untuk pola penyebaran informasi baik dari pemerintah kepada masyarakat desa maupun sebaliknya,” kata Herlina.

Selain itu hadir sebagai narasumber yakni Ketua KIM Desa Crewek -Kradenan, Peri Kiswanto, yang turut dilibatkan dalam pembentukan KIM Desa Ngeluk Penawangan. Di hadapan para anggota KIM Ngeluk yang telah terbentuk, ia berpesan agar masyarakat dapat menyampaikan hal-hal yang bermanfaat saja bagi masyarakat.

“Sudah tidak musimnya lagi kita menyebarkan hal-hal yang tidak bermanfaat. Kita share yang kira-kira bisa menambah nilai tambah buat ekonomi masyarakat saja”, tegas pria kelahiran Crewek ini. (Ag-Mj)