DEMAK, Mediajateng.net – Tampuk kepemimpinan Kepolsian Resor Demak, mengalami pergantian. Kapolres lama, AKBP Sonny Irawan, digantikan oleh Kapolres baru, AKBP Maesa Sugriwa. Menyambut pergantian Kapolres baru tersebut, Polres Demak menggelar pedang pora di Mapolres Demak, Selasa (12/12/2017).

Upacara pedang pora merupakan tradisi yang dilaksanakan untuk menyambut kedatangan Kapolres baru dan mengantarkan Kapolres lama ke tempat dinas yang baru setelah serah terima jabatan, di Mapolda Jawa Tengah. AKBP Sonny Irawan diangkat dalam jabatan baru di KSPN Polda Banten, sedangkan penggantinya AKBP Maesa Sugriwa, sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Temanggung.

Kedatangan Kapolres baru disambut oleh deretan perwira Polres Demak yang menghunuskan pedang memayungi kedatangan Kapolres baru didampingi istrinya. Di ruang lobi Polres Demak, AKBP Sonny Irawan, didampingi istrinya sudah menunggu. Keduanya menyambut dengan pengalungan bunga sebagai tanda penyerahan tugas dan tanggungjawab pimpinan Polres Demak.

Perasaan haru dan bahagia berkecamuk dalam diri setiap perwira dan anggota Polres Demak saat AKBP Sonny Irawan beserta istri berpamitan sembari berjalan keluar dari Mapolres Demak, didampingi oleh AKBP Maesa Sugriwa.

Suasana semakin haru saat AKBP Sonny Irawan beserta istrinya menyalami satu persatu seluruh anggota Polres Demak, yang berjejer sampai pintu keluar Mapolres Demak. Tak sedikit perwira maupun anggota Polres Demak yang menitikan air mata, saat AKBP Sonny Irawan memeluk mereka dengan hangat. AKBP Sonny Irawan, tepat satu tahun melaksanakan tugasnya di Kabupaten Demak.

“Dalam memimpin Demak, tentunya banyak salah dan khilaf. Tidak ada gading yang tak retak. Tak ada yang sempurna, karena Kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Masih banyak komplain dam aduan maupun ada anggota yang tersakiti, saya mohon maaf lahir batin,” kata AKBP Sonny.

“Ikhlas gak nih. Saya punya hutang gak nih. Tolong diingatkan ya. Kalau ikhlas, alhamdulillah. Akan saya bawa dunia akhirat,” kata dia lagi.

Sementara itu, Kapolres Demak yang baru, AKBP Maesa Sugriwa berjanji akan melanjutkan program-program kapolres lama.

Lulusan Akpol 1998 yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Temanggung selama 10 bulan itu, selain melanjutkan program promoter yang diinstruksikan oleh Kapolri, dalam waktu dekat akan berkonsentrasi pada operasi cipta kondisi jelang perayaan Natal dan Tahun Baru agar situasi Kamtibmas di Demak berjalan kondusif.

“Kami akan berupaya semaksimal mungkin, agar libur natal dan tahun baru di Demak aman. Para pemudik juga bisa nyaman dan lancar,” kata Suami dari Kompol Sukma yang berdinas di Polda Jateng.

Ke depannya, pria penyuka bola yang tinggal di Asrama Polisi Kalisari Semarang itu, akan menyambangi desa-desa di Demak untuk bermain bola, sebagai salah satu upaya pendekatan kepada masyarakat, disamping menggandeng Forkominda Demak, tokoh agama dan tokoh masyarakat, LSM serta ormas.

“Mohon doa restu dan supportnya, mari kita sama-sama jaga kondusifitas di wilayah Demak, ” pungkasnya.