Diikuti Ribuan Peserta, Pekan Spesial Olympics Nasional (PeSoNas) 2022 Resmi Dibuka Menpora Zainudin Amali

Semarang, mediajateng.net, – Sebanya 21 provinsi se- Indonesia dengan jumlah ribuan peserta melakukan parade dalam pembukaan Upacara Pekan Spesial Olympics Nasional (PeSoNas) 2022 yang bertempat di Holy Stadium, Kawasan Marina, Kota Semarang, Senin (4/7/2022).

Terlihat kemeriahan di suasana tersebut karena perwakilan dari masing-masing provinsi muncul dari balik panggung dengan menampilkan ciri khas daerahnya masing-masing, lengkap dengan berbusana tradisional dan diiringi lagu daerah.

Pekan Spesial Olympics Nasional (PeSoNas) 2022 dilaksanakan hingga 8 Juli mendatang dan dibuka langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali. Hadir juga dalam kesempatan itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Taj Yasin Maemun, Sekda Provinsi Jawa Tengah Sumarmo dan jajaran pejabat Pemkot Semarang.

Dalam sambutannya, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali menyampaikan, kegiatan PeSoNas 2022 di Jawa Tengah ini bisa menjadi panutan bagi daerah lain. Karena, perhatian pemerintah provinsi akan perkembangan olahraga disabilitas sangat besar.

“Nanti akhir bulan sampai 11 Agustus Jateng juga akan jadi tuan rumah Asean Paragames. Ini patut kita apresiasi dan banggakan. Terima kasih kepada Pak Ganjar sebagai gubernur yang telah menyiapkan. Saya sempat berpikir seandainya Pemda di seluruh Indonesia punya perhatian yang sama, maka akan membangkitkan dan menumbuhkan ajang paralympic kita,” kata Menpora, saat memberikan sambutan di panggung Holy Stadium Semarang.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo juga berharap kepada para peserta yang akan bertanding mulai Selasa (5/7/2022) menunjukan semangat dan sportif.

“Besok saya minta tandingnya yang sportif. Yang kalah gak boleh sedih, dan yang menang gak boleh jumawa karena kita bersaudara,” terangnya.

Ia pun sangat bangga terhadap atlet yang berprestasi dan telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

“Kita bangga atlet kita menyandang juara itu. Mereka bintang maka benar itu adanya. Saya berharap peserta dapat bertanding dengan penuh integritas, dan semangat selamat bertanding,” ujarnya.

Sementara, salah satu pendukung acara PeSoNas 2022, Harjanto Halim mengatakan, bahwa kegiatan ini bukan sekedar ajang untuk pertandingan olahraga bagi anak-anak luar biasa. PeSoNas adalah ajang untuk menggugah kesadaran keluarga dan masyarakat bahwa ada “anak-anak berbakat” luar biasa di antara kita yang acap diabaikan, bahkan dianggap tidak ada.

“PeSoNas adalah ajang refleksi. Bahwa hanya orangtua yang luar biasa yang diberi kepercayaan oleh Tuhan untuk menjaga, merawat dan menghargai anak-anak luar biasa ini,” pungkas Harjanto Halim yang juga CEO PT Marimas Putera Kencana.

Seperti diketahui, jumlah cabang olahraga di PeSoNas 2022 ini sebanyak 12 cabor yang dipertandingkan diantaranya atletik, renang, bulu tangkis, bola tangan, bola basket, senam ritmik, tenis meja, bocce, sepak bola, futsal, bola voli, dan tari daerah.(**)