Batang – mediajateng

Dua rumah milik warga di Kelurahan Karangasem Utara, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, di lalap si jago merah. Diduga api berasal dari kabel Cas telepon genggam yang mengeluarkan perxikan api dsn merembet ke kasur Selasa (16/5) sekitar pukul 11.00 WIB.

Kapolres Batang AKBP Juli Agung Pramono, melalui Kapolsek Batang AKP Bambang Sugiyanto mengatakan bahwa pada peristiwa kebakaran tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa tetapi kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. 3 Unit Sepeda motor terdiri dari 2 Spm Honda Beat dan 1 spm yamaha mio, 3 buah televisi ikut terbakar.

“Saat ini, api dapat dipadamkan oleh Petugas pemadam kebakaran, polisi dibantu TNI, dan masyarakat,” kata Kapolsek Batang.

Dua rumah yang terbakar tersebut adalah milik Tasori (75) dan Andiyah (52), warga Kelurahan Karangsem Utara.
Kapolsek Batang AKP Bambang Sugiyanto menjelaskan bahwa menantu korban mencium bau menyengat benda terbakar, dia mengira tetangganya sedang membakar sampah kemudian ia keluar rumah, namun pada saàt itu anak korban memanggilnya memberitahukan bahwa rumahnya telah terbakar.

“Diduga api berasal dari Carger HP yang sedang dicas dan terjadi konsleting, timbul percikan api langsubg menjalar ditempat tidur dan dengan cepat api membesar,” jelas Kapolsek.

Warga yang mengetahui adanya peristiwa kebakaran itu langsung memberikan pertolongan memadamkan api dengan menggunakan air dan menghubungi petugas pemadam kebakaran setempat.

Akan tetapi, karena jarak rumah berdempetan api merembet dan sempat menjalar ke atap samping bangunan rumah milik korban Andiyah saja. Proses evakuasi dan pemadaman rumah berlangsung dalam waktu satu jam dengan menggunakan 5 mobil pemadam kebakaran. (MJ-303)