Diduga Akibat Proyek Pembangunan Pipa PDAM, Saluran Irigasi di Maos Kidul Jebol

Cilacap, mediajateng.net – Diduga akibat proyek pembangunan pipa PDAM, saluran irigasi di Jln. Penatusan Timur, Desa Maos Kidul, Kecamatan Maos, jebol yang mengakibatkan air masuk di sekitar pemukiman warga. Kejadian terjadi sekitar pukul 20.00 WIB, Minggu (9/1/22).

Mendapat laporan warganya, Babinsa Maos Kidul Koramil 07/Maos Sertu Sutejo langsung menuju lokasi terjadinya tanggul jebol. Dia melihat, tanggul tersebut jebol di akibatkan adanya proyek pembangunan pipa PDAM.

“Setelah kita melihat ke lokasi terjadinya tanggul jebol, di sekitar saluran irigasi atau di sekitar tanggul berkurang akibat adanya pengerukan tanah oleh proyek pembangunan pipa PDAM, sehingga hal ini dimungkinkan menjadi penyebab jebolnya tanggul,” tutur Babinsa Sertu Sutejo

Terkait kejadian tersebut, Babinsa telah menghubungi pihak melakukan koordinasi dengan pihak proyek dan PDAM untuk berkoordinasi perbaikan tanggul, berkoordinasi dengan perangkat desa dan melaporkan kejadian tersebut ke Komando Atas.

“Sambil mengamankan lokasi jebolnya tanggul, guna meminimalisir jabolnya tanggul agar air tidak masuk ke pemukiman warga, kita bersama warga masyarakat setempat, melaksanakan kegiatan kerja bakti perbaikan tanggul jebol di lokasi saluran irigasi,” Terangnya.

Penutupan tanggul dilakukan dengan cara membendung tanggul yang jebol dengan karung berisi pasir untuk menutupinya. Untuk sementara, kondisi saat ini tanggul yang jebol dapat teratasi. (MJ/50)