Di Sela Kunjungan, Ganjar Jenguk Relawan yang Mengidap Gagal Ginjal

BANYUMAS, Mediajateng.net – Selain mesin partai, relawan adalah ujung tombak pemenangan calon dalam pemilihan kepala daerah. Begitu besar arti relawan ini membuat Calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyempatkan menjenguk salah satu relawan yang terbaring sakit di RS dr Margono Purwokerto, Kamis (26/4/2018) malam.

Ganjar membesuk Fajar Octavianus (43) di Ruang Soka 4. Warga Jalan Raya Pemalang, Belik, Kabupaten Pemalang itu adalah relawan setia Ganjar yang sudah membantu sejak Pilgub 2013 silam. Namun pada masa kampanye kali ini ia terpaksa tidak bisa berbuat banyak. Sakit gagal ginjal membuatnya harus menjalani perawatan intensif.

Begitu masuk ruang perawatan, Ganjar disambut isak tangis Okta. “Maturnuwun, saya ketiban ndaru, maturnuwun,” katanya, didampingi isterinya Fish Indriyani.

Kakak Okta, Fajar Taufan Susanto dan beberapa anggota keluarga lain juga turut mendampingi.

Fajar mengatakan, sebelum di RS Margono adiknya sudah dirawat di RSUP Dr Kariadi Semarang selama seminggu. “Lalu pindah ke sini, sudah 3 hari ini, sejak Selasa malam,” ujar dia.

Gejala gagal ginjal Okta sebenarnya mulai tampak sekitar tahun 2000. Awalnya kencing darah. Dulu waktu cek dokter, hanya disarankan minum air putih cukup,” kata Fajar.

Selang 14 tahun kemudian, kondisi Okta memburuk. Dia divonis gagal ginjal oleh dokter.

Kondisi Okta kini berangsur membaik setelah cuci darah. Ia sudah mulai bisa ngobrol, bahkan tertawa-tawa ketika ngobrol dengan Ganjar.

“Kepriwe? Jare saben dino tangisan? Lara ki gawe seneng bae (bagaimana? Katanya setiap hari nangis? Sakit itu dibuat senang saja),” tutur calon gubernur Jateng nomor urut 1 itu.

“Saya nangis soalnya bahagia, pak. Ini tangisan bahagia,” seloroh Okta.

Usai saling bercanda, politisi PDIP itu pun berfoto bareng Okta sekeluarga. Saat sesi foto, Okta mengacungkan jari telunjuk.

“Calonnya ada dua. Yang menang tetap satu,” ucap Okta.

“Kok sempat-sempatnya kampanye lho kamu ini. Jare sopo kui?” sahut Ganjar.

“Kata jenengan waktu debat kemarin, pak. Kami sekeluarga nonton,” tukas Okta sembari tertawa.

Ganjar baru tiba di Banyumas pukul 16.00 dengan kereta api Kamandaka. Ia bersilaturahmi dengan KH Mughni Labib beserta Keluarga Besar PCNU Kabupaten Banyumas di Pondok Pesantren Al-Ittihaad Darussa’adah Pasir Kidul Kecamatan Purwokerto Barat.

Selanjutnya berdialog dengan pengurus daerah Muhammadiyah Banyumas. Malam ini pria berambut putih itu berada di Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin, Desa Sirau Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Ganjar turut menghadiri acara Haul ke-59 Al-Maghfurlah KH. Muhammad Muqri bin H. Noor dan Haul Masyayikh Ma’had dengan pembicara KH. Ahmad Mustofa Bisri dan KH Yahya Cholil Staquf.