SEMARANG, Mediajateng.net, – Kalangan dewan mendukung pihak swasta yang ikut membantu menumbuhkan dan membesarkan usaha mikro di masyarakat dengan memberikan bantuan permodalan.

Anggota Komisi B DPRD Kota Semarang, Mualim mengatakan, partisipasi pihak swasta sangat dibutuhkan mengingat selama ini usaha mikro sulit mendapat akses perbankan. Dirinya berharap dengan pemberian pinjaman modal, usaha mikro bisa mengembangkan usahanya dengan baik.

“Saya apresiasi ada swasta yang mau bantu usaha mikro. Karena memberikan bantuan modal tidak hanya menjadi tugas pemerintah semata, namun kepedulian kalangan swasta juga sangat membantu,” kata politisi Partai Gerindra ini menanggapi PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, yang mempunyai program bantuan permodalan kepada usaha mikro di Semarang, Selasa (30/10).

Deputy Branch Manager Alfamart, Supriyanto mengatakan, pihaknya sebagai pengelola jaringan ritel minimarket memperkuat dukungannya dengan membantu usaha mikro masyarakat melalui bantuan permodalan.

Kucuran modal ini disupport oleh Toko Modal (PT Toko Modal Mitra Usaha) bekerjasama dengan pemilik warung kecil yang sudah menjadi member Alfamikro, program pemberdayaan warung milik Alfamart.

Menurutnya, program tersebut bisa diunduh di Play Store dan memberikan kemudahan bagi pemilik warung untuk memesan barang yang diinginkan.

“Aplikasi Alfamikro sangat mempermudah pemilik warung yang menjadi member kami. Kini semakin dipermudah dengan support pinjaman modal dari Toko Modal. Pesan dulu semua barangnya, bayar belakangan,” kata Supriyanto.

Sementara itu Sugiyanto, pemilik toko sembako warga Kelurahan Wonosari, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang mengaku sudah menjadi member OBA sejak 2015.

“Selama ini keberadaan OBA sangat bermanfaat. Salah satunya setiap ada promo, barang langsung diantar. Sehingga untung yang didapat juga banyak,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengaku tertarik dengan permodalan yang diperkenalkan oleh Toko Modal. Kedepan jika membutuhkan tambahan modal untuk pengembangan usaha miliknya, dia akan melirik Toko Modal. (ot/mj)