SEMARANG,  mediajateng.net, – Pemeriksaan  nutrigenomik bisa bermanfaat sebagai tindakan pencegahan terhadap penyakit yang diakibatkan oleh makanan. Demikian disampaikan dokter spesialis gizi, dr. Arti Indira, M.Gizi., Sp.GK usai menjadi pembicara dalam seminar kesehatan bertajuk “Mau Makan Apa, Tanya DNA” yang diselenggarakan oleh Klinik Prodia di Semarang, (30/3).

Menurutnya, nutrigenomik adalah ilmu yang mempelajari respon gen terhadap makanan yang dimakan, yang bertujuan untuk mengetahui secara dini perubahan apa yang akan terjadi setelah makanan itu masuk ke dalam tubuh. Sehingga nutrigenomik juga dikaitkan dengan kejadian berbagai penyakit yang dapat disebabkan oleh makanan.

“Memang fungsinya lebih ke tindakan preventif. Kita jadi tahu gen kita seperti apa yang berhubungan dengan nutrisi dan kesehatan. Jadi kalo periksa lebih dini, bisa mencegah berbagai penyakit, “ ujarnya.

Setelah mengetahui jenis gen dari pemeriksaan tersebut, Arti Indira melanjutkan, orang tersebut akan mengetahui jenis makanan yang harus dikonsumsi dan jenis olahraga yang cocok dilakukan sesuai dengan gen yang dimiliki.

“Ini bisa jadi terobosan baru yang dapat membantu serta mengatasi berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, hipertensi dan diabetes mellitus. Namun di sisi lain, nutrigenomik masih harus diteliti lebih lanjut apakah dapat diterapkan dengan baik, karena masing-masing individu yang berbeda maka kebutuhannya berbeda pula,” katanya.

Walaupun demikian, istri penyanyi terkenal Tompi ini menambahkan, untuk saat ini menerapkan pola hidup sehat seperti mengatur waktu, jenis, serta porsi makan, melakukan olahraga rutin, serta istirahat yang cukup merupakan saran yang terbaik dan dapat dilakukan oleh semua orang.(ot/mj)