Ciptakan pemilu damai, Kapolres Bahtiar ajak warga aktifkan siskamling. Foto : Dok-Mediajateng.net

DEMAK, Mediajateng.net – Jelang Pemilu serentak tahun 2019, Polres Demak menggelar apel Kaposkamling, Senin (11/2/2019).

Apel di halaman Mapolres Demak, dipimpin langsung Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar.

Kapolres ABKP Bahtiar menyatakan, kegiatan dilakukan untuk mengajak sekaligus membangun semangat seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Demak, untuk berpartisipasi secara aktif dan ikut serta memelihara keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing – masing, melalui kegiatan siskamling dan pembinaan masyarakat.

“Hal ini dilakukan untuk pencegahan dan penanggulangan segala bentuk aksi tindakan kriminal yang terjadi, sebelum maupun sesudah pemilu,” katanya.

Apel Kaposkamling di hadiri oleh Bupati Demak M Natsir, Dandim 0716 Demak, Letkol Infantri Abi Kusnianto, seluruh personel Polres Demak, TNI dari Kodim 0716 Demak serta Kaposkamling di masing-masing Desa di wilayah Demak.

Lebih lanjut Kapolres Bahtiar menuturkan, apel Kaposkamling merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap Tahun.

Polres Demak mempunyai komitmen meningkatkan peran serta Masyarakat.

“Selain mengantisipsi terjadinya tindakan kriminalitas, ada nilai gotong royong juga di dalamnya,” tuturnya.

Masyarakat, sambung AKBP Bahtiar, merupakan kekuatan dasar yang berbasis penyelenggaraan dari pelaksanaan pengamanan lingkungan secara swakarsa dengan berperan aktif sesuai tupoksinya masing-masing.

“Tentunya kita semua berharap, setelah apel ini, pemerintah desa bergerak cepat membentuk kembali pos ronda dan disesuaikan kebutuhan di lingkungannya,” harapnya.

Terkait Pemilu 2019, juga membutuhkan dukungan serta partispasi semua stakeholder termasuk masyarakat.

Sehingga apel tersebut perlu dilakukan dengan harapan mampu memberikan pemahaman serta meningkatkan koordinasi antara semua pihak.

Penanggulangan gangguan Kamtibmas harus diwujudkan dalam bentuk kerjasama antara Polri, TNI, instansi pemerintah dan seluruh potensi masyarakat.

“Kita tingkatkan kerjasama dan koordinasi masyarakat, Polri, TNI dan instansi terkait. Mari cegah dan menanggulangi paham radikal dan gangguan Kamtibmas,” ujarnya.

“Kita berharap, Pemilu 2019 bisa berjalan aman, damai dan sejuk,” pungkasnya.60/mj