Semarang – mediajateng.net

Membawa dampak cukup berat bagi masyarakat di kawasan timur Semarang, Balai Besar Wilayah Sungai Pemali – Juwana memberikan kepastian siap menandatangani kontrak pelaksanaan normalisasi Sungai Banjir Kanal Timur pada bulan April 2017 mendatang. Kepastian ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pemeliharaan Jaringan dan Sumber Daya Air BBWS Pemali Juwana, Anang Muklis, dalam diskusi Prime Topic, mengangkat tema Normalisasi Banjir Kanal Timur, Senin ( 6/3 ) di kawasan Johar Semarang.

“Lelang akan dilakukan dalam minggu ini, sehingga harapannya dalam 2 bulan, kontrak sudah ditandatangani. Pelaksanaan normalisasi Sungai Banjir Kanal Timur akan dimulai dari bagian sungai Sringin hingga Tenggang. Debit akan dikurangi dengan teknologi pompa masuk ke Sungai Babon.” jelasnya

Penjelasan tersebut menjawab kritikan tajam yang dilontarkan oleh Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang, Kadarlusman, disaat yang sama.

“Sungai Banjir Kanal Timur harus segera dinormalisasi, telebih area disposal area Kaligawe telah siap. Selama ini BBWS Pemali Juwana, kapan kerjanya bisa benar – benar serius.” tegas Kadarlusman

Sementara itu, senada dengan langkah BBWS Pemali Juwana, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang, Izwar Aminnudin juga sepakat normalisasi sungai harus segera dilakukan. Selama banjir dan pasca banjir menjadi hal yang terberat bagi warga terkena dampak bencana. Disaat mereka terendam banjir mereka juga harus tetap bekerja mencari nafkah.(MJ-202)