DEMAK, Mediajateng.net – Kejaksaan Negeri Demak, memusnahkan puluhan barang bukti perkara pidana.

Barang bukti yang dimusnahkan antara lain beberapa paket sabu, ribuan butir pil daftar G, alat hisap, bong, timbangan digital HP serta ATM yang digunakan para terpidana bertransaksi, serta ribuan sak pupuk urea.

Pemusnahan barang bukti perkara pidana tersebut, langsung dilakukan oleh Kajari Demak Khoirul Anwar SH MH berserta jajaran.

“Tujuan pemusnahan barang bukti ini, sebagai bagian dari pelaksanaan eksekusi putusan pengadilan yang sudah berkekuatan hukum tetap atau inkrah. Ada 23 aneka barang bukti perkara pidana umum yang kita musnahkan, ” kata Anwar didampingi Kasi Pidum Yan A Jaya SH MH, Jumat (20/7)

Pemusnahan barang bukti perkara yang telah ditangani oleh Kejaksaan Negeri Demak tersebut, dihadiri oleh Kepala Pengadilan Negeri Demak , Bambang Eka Putera SH MH, pejabat OPD terkait seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian dan Polres Demak.

Dalam tiga tahun terakhir ini, kasus penggunaan narkotika marak terjadi di wilayah hukum Kejaksaan Negeri Demak.

Namun berkat koordinasi baik dengan jajaran polres, kasus pelanggaran UU Nomor 35/2009 tentang Narkotika itu berhasil terungkap dengan puluhan tersangka telah disidangkan dan menghuni Rutan Demak sesuai berat-ringannya pelanggaran dan keterlibatan mereka dalam aksi peredaran narkoba yang dilakukan.

Sementara perwakilan Polres Demak, Aipda Khamdi, Kanit Bimas Polsek Kota Demak, menambahkan, Polres Demak bertekad melibatkan masyarakat memerangi narkotika dan peredaran obat-obat terlarang. Termasuk di dalamnya aksi kriminal lain yang meresahkan masyarakat dan mengganggu kamtibmas.

“Dalam memerangi kejahatan narkoba maupun kriminal lainnya, kami tidak dapat bekerja sendiri, tentunya juga membutuhkan partisipasi masyarakat, ” ujarnya. (Ari)