Dandim Suka Saat Cicipi Tempe, Menu Satgas TMMD Sarat Gizi

SEMARANG, mediajateng.net – Dalam suasana keprihatinan saat merebak wabah Corona, Dandim 0733 BS Semarang Kol Kav Zubaedi SSos MM pun sempat was-wasa terhadap prajuritnya yang tengah menjalankan tugas operasi selain perang, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-107 di wilayah kelurahan Rowosari Tembalang Semarang.

Pasalnya, virus COVID-19 tak bakal memilih-milih siapa korbannya. Semua orang bisa terjangkiti apabila fisiknya lemah dan tertulari. Karenanya, Dandim selalu mengecek kondisi prajuritnya yang tergabung dalam Satgas TMMD setiap hari. Tak hanya untuk mengetahui kesehatannya setiap hari, namun Kol Kav Zubaedi SSos MM ini pun juga turun tangan mengecek dan merekomendasi makanan apa yang harus dimakan prajuritnya agar sesuai kebutuhan gizi dan vitaminnya.

“Ini perlu saya lakukan, agar prajurit benar-benar terjamin makanannya yang mengandung gizi dan vitamin. Kami yakin semua penyakit bisa ditangkal apa bila kita memiliki daya tahan tubuh yang baik. Untuk mencapai ketahanan itu, maka selain olahraga yang cukup, juga harus dipenuhi kebutuhan gizi yang seimbang didukung vitamin yang tercukupi,” papar Dandim, saat ngecek dapur warga Rowosari yang setiap hari menyediakan menu makanan untuk 120 personil Satgas TMMD Kodim 0733 BS Semarang.

Dandim didampingi Pasiter, Kapten Inf Dadan, Jumat (03/04/2020) mengecek dapur warga yang digunakan untuk memasak memenuhi kebutuhan makan setiap hari sebanyak 3 kali. Para prajurit Satgas TMMD Kodim 0733 BS Semarang pun menginap di rumah-rumah warga dan tidak diperkenankan pulang ke rumah masing-masing karena juga atas pertimbangan mengurangi resiko penyebaran COVID-19.

Di dapur tersebut, Dandim mengecek seluruh komposisi menu yang disajikan setiap hari. Selain wajib sayur-sayuran dan buah-buahan, juga terdapat lauk daging, telor, tahu, tempe dan ikan yang disajikan secara bergantian.

Zubaedi menilai menunya sudah bervariasi luar biasa.

“Bisa-bisa ini lebih variatif daripada menu di rumah !,” ungkapnya sambil berkelakar di hadapan prajurit.

Selain memberikan makanan yang terpenuhi gizi dan vitaminnya, Kodim 0733 BS Semarang juga memenuhi kebutuhan nutriusi dan vitamin melalui pembagian suplemen dan obat-obatan. Menurut Dandim yang wajib diberikan selain Vitamin B-Complek juga Neurobion.
Saat meninjau dapur, Dandim pun sempat mencicipi tempe yang sedang dimasak Bu Pur, warga yang memasakkan makanan prajurit.

“Tempenya enak, makanya prajurit pada kerasan dimasakkan warga Rowosari,” paparnya disambut tawa warga Rowosari. (50-MJ)

Tinggalkan Balasan